PENGARUH PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unmuh Jember)

  • Sella Nanda Anugrah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Achmad Hasan Hafidzi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Wibowo Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Promosi Produk Melalui Media Sosial Tiktok dan Review Produk Pada Marketplace Shopee. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember tahun 2018-2022 yang berjumlah 1.611 mahasiswa. Data tersebut diperoleh dari kuesioner yang diisi secara online. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 320 responden. Analisis data menggunakan uji istrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, dan koefisien determinasi dengan alat bantu aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi melalui media sosial Tiktok berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 11,967 dan nilai signifikan di tunjukan dengan 0.000<0.05. Rview produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 11,991 dan nilai signifikan di tunjukan dengan 0.000<0.05.

Published
2023-01-30
How to Cite
ANUGRAH, Sella Nanda; HAFIDZI, Achmad Hasan; WIBOWO, Yohanes Gunawan. PENGARUH PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unmuh Jember). Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 173-182, jan. 2023. ISSN 2964-898X. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2668>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/jme.v2i2.2668.
Section
Articles