PENGARUH HARGA, KEBERAGAMAN PRODUK dan BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDY KASUS PADA UD MEBEL ALUMUNIUM KASIYAN KECAMATAN PUGER)
Abstract
Perkembangan di Indonesia dalam bidang perekonomian sangat pesat seperti bidang properti rumah tangga yang juga mengalami perkembangan sangat pesat. apalagi persaingan di dalam perusahaan yang sangat ketat dan tinggi, memungkinkan para pengusaha membuat terobosan terbaru agar bisa laku di pasaran. Melihat perkembangan mebel alumunium di Jember sangat meningkat banyak produsen mebel alumunium di antaranya UD Mebel Alumunium Kasiyan Kecamatan Puger. Namun disisi lain UD Mebel Alumunium memiliki permasalahan mengenai harga, keberagaman produk dan brand image ini menyebabkan konsumen masih berpikir kembali untuk melakukan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi dan penyebaran kuesioner langsung di lapangan. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dan uji-f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Variabel keberagaman produk dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Serta harga, keberagaman produk dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk menambah variabel independen lainnya selain harga, keberagaman produk, dan brand image yang tentunya dapat mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian.