PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KERAJINAN TASBIH DAN GELANG DI DESA TUTUL

  • Ghalih Satriya Widhana Universitas Muhammadiyah Jember
  • Retno Endah Supeni Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tatid Diansari Reskiputri Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Kerajinan Tasbih Dan Gelang merupakan salah satu bisnis dalam bidang kerajinan manik manik tepatnya di pusat kerajinan tasbih dan gelang yang lokasinya terletak di Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian kerajian tasbih dan gelang. Digunakannya metode kuantitatif merupakan metodologi riset yang bertujuan untuk mengkualifikasi data, yang diterapkan dalam analisis statistik tertentu.Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis pertama (H1) menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,029. Pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik kualitas produk maka keputusan pembelian akan semakin meningkat (H1 diterima). Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis kedua (H2) menunjukkan bahwa promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05. Pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin efektifnya promosi maka keputusan pembelian kerajinan tasbih dan gelang desa Tutul akan semakin meningkat (H2 diterima). Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis ketiga (H3) menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,009 kurang dari 0,05. Pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin terjangkaunya harga makan akan semakin meningkat keputusan pembelian (H3 diterima).Penelitian dan analisis yang dilakukan dengan menguji tiga hipotesis menghasilkan hasil yang baik. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima yang berarti bahwa semua variabel independen (yaitu produk, harga, dan promosi) berpengaruh positif terhadap variabel dependen (yaitu keputusan pembelian).

Published
2023-01-17
How to Cite
WIDHANA, Ghalih Satriya; SUPENI, Retno Endah; RESKIPUTRI, Tatid Diansari. PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KERAJINAN TASBIH DAN GELANG DI DESA TUTUL. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 35-46, jan. 2023. ISSN 2964-898X. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2624>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/jme.v2i1.2624.
Section
Articles