ANALISIS VARIABEL NON BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus Pada Suwar-Suwir Indah Jaya Balung Jember)

  • Vinka Ayuningtyas Universitas Muhammadiyah Jember
  • Seno Sumowo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ira Puspitadewi S Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variable non bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Suwar-Suwir Indah Jaya Balung Jember). Bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik yang meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk menghasilkan respon yang di inginkan pasar sasaran, perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang jasa menggunakan bauran pemasaran jasa. Namun fenomena yang ada pada pemasaran UMKM Suwar-Suwir Indah Jaya Ini penelitian lebih cenderung mengambil non bauran dikarenakan pemasaran pada  UMKM Suwar-Suwir Indah Jaya Ini kurang mengenal dan memahami perilaku konsumen. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen dari Suwar-Suwir Indah Jaya. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa budaya, social dan psikologis berpengaruh signifikan secara parsial sedangkan pribadi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM Suwar-Suwir Indah Jaya.

Published
2023-01-16
How to Cite
AYUNINGTYAS, Vinka; SUMOWO, Seno; PUSPITADEWI S, Ira. ANALISIS VARIABEL NON BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus Pada Suwar-Suwir Indah Jaya Balung Jember). Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 16-23, jan. 2023. ISSN 2964-898X. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2621>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/jme.v2i1.2621.
Section
Articles