PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIOANAL ADI SOEMARMO BOYOLALI

  • Alvira Maulidya Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
  • You She Melly A D Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Abstract

Memangun merek yang dapat bertahan di pasar adalah tujuan dari setiap perusahaan atau pengusaha, dengan merek yang baik maka dapat memberikan keuntungan yang tinggi bagi perusahaan. Dengan demikian, produk dengan merek yang kuat akan bertahan dan mendominasi di pasar. Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah ekuitas merek. Oleh karena itu, sering menjadi subjek penelitian yang luas. Perusahaan Garuda Indonesia adalah salah satu perusahaan industri penerbangan Indonesia yang menghadapi sebuah persaingan yang cukup ketat dengan maskapai lain. Garuda Indonesia aktif di kelas menengah ke atas, dan strategi perusahaan Garuda Indonesia memperkuat brand maskapainya di ingatan penumpang, hal tersebut menjadi faktor penting yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan maskapai penerbangannya yang selama ini menjadi kendala bagi Garuda Indonesia hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap pengambilan keputusan konsumen Garuda Indonesia di Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif deskriptif dengan tujuan mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pengguna jasa maskapai Garuda Indonesia. Penumpang yang menggunakan Pesawat Garuda Indonesia di Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali merupakan objek pada penelitian ini. Pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini akan menggunakan sebuah kuesioner. Pengisian kuesioner dilakukan oleh para penumpang maskapai Garuda Indonesia untuk selanjutnya dilakukan analisis data. Pengukuran atau Analisa data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for windows v.16.0. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 35,471 dengan signifikan sebesar 0,000. Apabila dibandingkan dengan tingkat signifikan yang diharapkan yaitu 5% berarti signifikan F- hitung lebih kecil dari tingkat signifikan yang diharapkan (35,471 > 0,05), serta nilai R2 dengan 42.2%. Dengan demikian Kesan Kualitas dan Loyalitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna jasa maskapai Garuda Indonesia.

Published
2022-12-30
How to Cite
MAULIDYA, Alvira; A D, You She Melly. PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIOANAL ADI SOEMARMO BOYOLALI. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), [S.l.], v. 1, n. 11, p. 2184-2194, dec. 2022. ISSN 2964-898X. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2274>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/jme.v1i11.2274.