SOSIALISASI TENTANG BIDANG-BIDANG AKUNTANSI DAN PROFESI AKUNTAN PADA SISWA-SISWI JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 SUBANG

  • Muhammad Rizal Satria Politeknik Pos Indonesia
  • Ade Pipit Fatmawati
  • Marismiati Marismiati
  • Indra Firmansyah

Abstract

Jurusan akuntansi di SMK merupakan salah satu jurusan yang memiliki respon positif dan banyak peminatnya, sehingga jumlah siswa jurusan akuntansi di SMK sangat signifikan. Namun, SMK sebagai penyumbang pengangguran tertinggi sehingga menimbulkan banyak pandangan negatif terhadap sistem pembelajaran di SMK, kemampuan lulusan SMK, pengelolaan SMK dan kebijakan pengembangan SMK. Menyadari hal tersebut, maka Kemendikbud dan SMK mensiasati dengan program BMW yaitu Bekerja, Melanjutkan dan Wirausaha. Namun Siswa-siswi SMK masih saja kebingungan ketika mulai mendekati masa kelulusan untuk menentukan masa depan mereka. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan, yaitu: Memberikan Slide materi untuk bahan bacaan bagi para peserta berkaitan dengan topik sosialisasi; Melakukan sosialisasi/ceramah yang diberikan oleh narasumber-narasumber yang berkompeten dalam bidangnya; Kemudian dilakukan diskusi. Kegiatan ini dihadiri oleh 81 Siswa dan siswi jurusan akuntansi di SMKN 1 Subang dan dari hasil kuesioner menyatakan bahwa 58 siswa ingin Bekerja, 20 siswa ingin Melanjutkan kuliah dan 3 siswa ingin Wirausaha. Dari hasil kuesioner juga menyatakan bahwa pada dasarnya peserta memahami materi yang diberikan dan bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan mereka di bidang akuntansi dan profesi akuntan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., Pertiwi, D., Ardiana, M., Ervina , D., & Irwati, W. (2020). Peningkatan Literasi Siswa SMK Pada Bidang-Bidang Akuntansi dan Jenis-Jenis Profesi Akuntansi. Abidumasy , 54-57.

Anna, Y. D., & Rahayu, S. (2011). The Factors Affected Toward Profession Option as Accountant Public and Non Accountant Public Selected.

Arens, Alvin, Randal, E. J., Beasley, M. S., & Wibowo, H. (2015). Auditing dan jasa assurance: pendekatan terintegrasi. Jakarta: Erlangga.

Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. (2021). Norma & Standar Kompetensi Keahlian Akuntansi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan .

Farida, M. W. (2017). Memahami Kesadaran Peran Akuntan Pendidik Dalam Pembelajaran Akuntansi. Malang: Tesis Program Magister Sains Akuntansi Sekolah PAsca Sarjana Universitas Brawijaya.

Hansen, D. R. (2011). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Naukoko, A. P. (2017). Profesi Akuntan di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Journal of ASEAN Studies on Maritime Issues, 3(4).

Nurhatyo, E., & Utami, I. (2015). Riset Akuntansi Managemen; Telaah Tiga Perspektif. Jurnal Riset Manajemen, 2(1).

Satria, M. R. (2019). Pemilihan Jalur Karir bagi Mahasiswa Akuntansi di Politeknik Pos Indonesia. Ekono Insentif, 13(02), 125-133.

Yendrawati, R. (2017). Persepsi Mahasiswa dan Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan. Jurnal Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 5(2).
Published
2021-12-03
How to Cite
SATRIA, Muhammad Rizal et al. SOSIALISASI TENTANG BIDANG-BIDANG AKUNTANSI DAN PROFESI AKUNTAN PADA SISWA-SISWI JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 SUBANG. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 313 - 323, dec. 2021. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/982>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.982.
Section
Articles