PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) WARGA DUKUH GEMPOL SEBAGAI UPAYA REVITALISASI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI
Abstract
Pendidikan merupakan hal terpenting untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada Masa pandemi mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring atau Belajar dari Rumah (BDR). Terdapat beberapa permasalahan BDR sehingga perlu dilakukan pendampingan untuk mengatasinya. Pendampingan BDR dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: (1) Membimbing dan menjelaskan kepada siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya, (2) Menyapaikan materi kepada siswa secara ceramah, (3) Melaksanakan tanya jawab materi yang telah dipelajari. Pendampingan BDR memberikan hasil yang baik yaitu siswa memiliki minta dan antusias yang tinggi dalam pelaksanakan pendampingan belajar dan orang tua siswa juga merasa senang dan terbantu dengan adanya program pendampingan belajar karena dapat meringankan beban orangtau dalam mendam-pingi anaknya saat pembelajaran daring atau BDR.
Downloads
References
Arifa, l. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat COVID-19. Info Singkat, 12(7), 12–18.
Borualogo, I. (2005). Rekonstruksi dan Revitalisasi Pendidikan Indonesia Guna Meningkatkan Kualitas Bangsa. Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 508–24.
Handayani, T dkk. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107–15.
Indonesia, Rebublik. (2020). Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease(COVID- 19). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Indonesia, Republik. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl. Jakarta.
Islami, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Kelas III MI Mi’rojul Ulum Jotangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi S1
Mawar, D, dan Allif L. (2020). Sosialisasi Peranan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal UMJ, 1(1), 1–10.
Nurpratiwiningsih, L, Novi Y, dan Prasetyo Y. (2021). Sosialisasi Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Anak Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(2), 31–36.
Prayitno, H dkk. (2018). Panduan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) Berbasis Sekolah. III. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Purwanto, Agus dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Retnasari, L dan Yayuk H. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran ( TPQ ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMA, 08(01), 32–38.
Setiawan, W. (2017) Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan 2017. Universitas Pendidikan Indonesia. Sukabumi, 09 Agustus 2017.
Sudarti dkk. (2021). Pendampingan Belajar Daring di Masa Pandemi COVID-19 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 71–76.
Yulianingsih, W dan Rivo N. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–50.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.