PENGEMBANGAN KEMITRAAN USAHA TAHU DENGAN TEKNIK PERENCANAAN STRATEGIS DI KECAMATAN TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG
Abstract
Tujuan pengabdian masyarat ini adalah mengembangkan usaha tahu terdampak kenaikan harga kedelai dan pandemi Covid-19 selain itu adalah meningkatkan literasi keuangan pengusaha dan karyawan usaha tahu di Kecamatan Tembarak. Metode Pelaksanaan yang dipakai pada pengabdian masyarakat ini adalah survei awal, Focus Group Discussion dan Pelatihan, serta dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Setelah program pengabdian yaitu pelatihan berakhir, mitra dapat secara mandiri dapat melakukan pengelolaan usahanya tidak hanya dari aspek keuangan tapi juga mampu mencapai keberlanjutan usaha.
Downloads
References
Chwialkowska, A. (2019). How sustainability influencers drive green lifestyle adoption on social media: The process of green lifestyle adoption explaChwialkowska, A. (2019) ‘How sustainability influencers drive green lifestyle adoption on social media: The process of green lifest. Management of Sustainable Development, 11(1), 33–43.
Fitriana, I. (2020). Jadi Lokasi Penularan Virus Corona, 5 Pasar di Temanggung Akan Tutup Sementara. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2020/06/12/16171821/jadi-lokasi-penularan-virus-corona-5-pasar-di-temanggung-akan-tutup?page=all
Lorenzen, J. A. (2012). Going Green: The Process of Lifestyle Change1. Sociological Forum, 27(1), 94–116. https://doi.org/10.1111/j.1573-7861.2011.01303.x
Nurohman, Y. A., Qurniawati, R. S., & Hasyim, F. (2019). DANA DESA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA DESA WISATA MENGGORO. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 35–43. https://doi.org/10.35829/magisma.v7i1.38
Riswan, K. K. (2021). Menko Airlangga jelaskan dampak PPKM terhadap ekonomi. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/2031635/menko-airlangga-jelaskan-dampak-ppkm-terhadap-ekonomi
Sulistyowati, Y. (2017). PENCATATAN PELAPORAN KEUANGAN UMKM (STUDY KASUS DI KOTA MALANG). Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 49. https://doi.org/10.33366/ref.v5i2.831
Ulfah, F. v. (2020). Harga Kedelai Mencapai Level Tertinggi 2 Tahun, Bagaimana Proyeksinya? Market. https://market.bisnis.com/read/20200914/94/1291568/harga-kedelai-mencapai-level-tertinggi-2-tahun-bagaimana-proyeksiny
Zen, I. S. (2018). Nudge to Promote Sustainable Shopping Lifestyle. Proceedings, 2(22), 1394. https://doi.org/10.3390/proceedings2221394

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.