PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BANDENG PRESTO DI ERA PANDEMI KECAMATAN KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha dengan jumlah paling besar dalam perekonomian di Indonesia. UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi nasional yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya sebagai bentuk keberpihakkan yang tegas ke dalam kelompok usaha ekonomi rakyat tanpa mengabaikan peran usaha besar. Dalam bidang pra-produksi, UMKM mengalami kesulitan karena kondisi cuaca yang tidak menentu menyebabkan tambak bandeng mengalami banjir ketika musim hujan, sehingga banyak bandeng yang hanyut dan tidak bisa panen dengan jumlah yang besar dan membuat harga bandeng menjadi tinggi. Sedangkan dalam bidang pemasaran, UMKM ini mengalami kesulitan terkait pendistribusian produk yang terhalang dengan mobilitas pada saat masa pandemi ini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM Bandeng Presto di era pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan kali ini adalah dengan memberikan pendekatan dengan melakukan pendampingan dan membantu pemberdayaan UMKM saat pelaksanaan proses produksi sampai dengan pemasaran terhadap konsumen. Hasil yang ditunjukkan selama kegiatan berlangsung yaitu terjadi peningkatan omzet, keuntungan, pesanan, kemampuan manajemen dan pemasaran yang diperoleh.
Downloads
References
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575