PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU SDN 4 MESUJI TIMUR MELALUI PROGRAM T2KT

  • Lulud Oktaviani Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dyah Aminatun Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia
  • Imam Ahmad Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia

Abstract

Mengajar merupakan suatu kewajiban bagi guru untuk mencerdaskan anak bangsa. Namun, untuk peningkatan kesejahteraan dan profesionalitasnya, guru harus mengurus kenaikan pangkat dan juga sertifikasi demi tercapainya tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi. Di dalam pengurusannya, guru disyaratkan salah satunya adalah untuk menulis karya ilmiah. Faktanya, tidak semua guru familiar dan produktif dengan penulisan karya ilmiah, terutama guru-guru yang mengajar didaerah Pusat Lintas Batas Negara (PLBN). Pengabdian ini dilaksanakan di SDN 4 Mesuji Timur yang merupakah salah satu sekolah percontohan di Mesuji Timur. Berdasarkan hasil interview dan pengumpulan data awal, 80% guru terkendala dalam pengurusan sertifikasi maupun kenaikan pangkat dikarenakan penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk membantu guru-guru dalam menulis karya ilmiah melalui program Temukan, Tuliskan, Konsultasikan, dan Terbitkan (T2KT). Pada akhirnya, dampak positif dirasakan guru-guru dengan meningkatnya pemahaman dan pengetahuan tentang penulisan karya ilmiah yang lebih baik untuk menunjang kenaikan pangkat dan juga sertifikasi, penggunaan media pembelajaran terbarukan, dan publikasi artikel ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhariadi, I. D., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Daerah Terpencil. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang. 2019.

Ekosusilo, M. (2014). KTI Pengembangan Profesi Guru. Workshop Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Wonosari. 6-11 November 2014.

Musdiani. (2019). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Cara Mengajar Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan di kelas V SD Negeri Pante Cermin. Jurnal Tunas Bangsa. 6(1): 60-68.

Noorjanah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity. 10(1): 97-114.

Oktaviani, L., and Desiarti, E. M. (2017). A Lecturer’s and Students’ Perspective toward Ethnic Snake Game in Speaking Class at Universitas Muhammadiyah Malang. Teknosastik: Jurnal Bahasa dan Sastra. 15(2): 53-59 DOI: 10.33365/ts.v15i2.98.

Permana, H. J. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Seminar dan Lokakarya Diklat Profesi Guru. Pontianak. 2010.

Republik Indonesia. (2005). Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005, No. 1. Jakarta: Sekertariat Negara.

Salamah, U., & Oktaviani, L. (2019). Slidesgo: Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI pada Materi Perkembangbiakan Hewan. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung. Bandarlampung. 28 September 2019.

Shabir, M. U. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: Tugas dan Tanggung jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru. Auladuna. 2(2): 221-232.

Sinaga, R. R. F., & Oktaviani, L. (2020). The Implementation of Fun Fishing to Teach Speaking for Elementary School Students. Journal of English Language Teaching and Learning. 1(1): 1-6.

Siswanto. (2008). Program Sertifikasi Guru (Antara Tuntutan Kesejahteraan dan Kualitas). Tadrîs. 3(2): 211-221.

Tafonao, T. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Mahasiswa. 2(2): 103-114.

Warsono. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media. 1(1): 1-10.

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar. 1(5): 82-97.

----------------------------. (2017). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 Pasal 1 Ayat 2 Tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan Tahun 2005. Jakarta: Kemendikbud.
Published
2020-12-20
How to Cite
OKTAVIANI, Lulud; AMINATUN, Dyah; AHMAD, Imam. PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU SDN 4 MESUJI TIMUR MELALUI PROGRAM T2KT. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 333-345, dec. 2020. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/786>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.786.
Section
Articles