PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KONDISIONAL PEMBELAJARAN LURING
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) tentang pelatihan penyusunan modul kondisional untuk pembelajaran luar jaringan (luring). Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SD Swasta Wira Mandiri Medan. Pada situasi pandemi Covid-19, SD Swasta Wira Mandiri Medan memberlakukan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk memutuskan rantai penularan Virus Covid-19. Guru-guru SD Swasta Wira Mandiri Medan masih sangat membutuhkan pelatihan dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah yang dilakukan dengan sistem online atau yang dikenal dengan istilah pembelajaran dalam jaringan (daring) dan pembelajaran luar jaringan (luring). Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara ditemukan permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu: (1) Kurangnya pengetahuan guru penyusunan bahan ajar yang efektif untuk pembelajaran daring maupun luring (2) BDR dilaksanakan hanya menggunakan LKPD sederhana sehingga interaksi hanya satu arah, (3) Kurangnya pelatihan untuk pembelajaran daring ataupun panduan dalam penyusunan bahan ajar yang interaktif. Metode pendekatan yang diterapkan dalam pelaksanaan PKM ini yaitu metode pelatihan, praktik dan pendampingan. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan PKM ini terukur dari luaranĀ yang dihasilkan bahan ajar berupa modul bersifat kondisional yang interaktif dan artikel ilmiah.
Downloads
References
Budi, N E, 2017, Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma 1 Kudus Tahun 2017, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27 No.2 (diunduh pada tanggal 10 Mei 2020).
Rohani, A & Ahmadi, A 1991,Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Sarwa, 2019, Manajemen Kelas dan Pengembangan Instrumen Secara Daring, Medan.
Sudiana, R , Fatah, A & Khaerunnisa, E, 2017, Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Virtual Clas, JPPM Vol 10 No. 1. (diunduh tanggal 10 Mei 2020)
Susilana,R & Riyana, C 2007, Media Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung. Asrori, M 2007, Psikologi Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung.