PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KONDISIONAL PEMBELAJARAN LURING

  • Revita Yuni Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Suci Frisnoiry Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Gita Noveri Eza Program Studi PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) tentang pelatihan penyusunan modul kondisional untuk pembelajaran luar jaringan (luring). Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SD Swasta Wira Mandiri Medan. Pada situasi pandemi Covid-19, SD Swasta Wira Mandiri Medan memberlakukan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk memutuskan rantai penularan Virus Covid-19. Guru-guru SD Swasta Wira Mandiri Medan masih sangat membutuhkan pelatihan dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah yang dilakukan dengan sistem online atau yang dikenal dengan istilah pembelajaran dalam jaringan (daring) dan pembelajaran luar jaringan (luring). Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara ditemukan permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu: (1) Kurangnya pengetahuan guru penyusunan bahan ajar yang efektif untuk pembelajaran daring maupun luring (2) BDR dilaksanakan hanya menggunakan LKPD sederhana sehingga interaksi hanya satu arah, (3) Kurangnya pelatihan untuk pembelajaran daring ataupun panduan dalam penyusunan bahan ajar yang interaktif. Metode pendekatan yang diterapkan dalam pelaksanaan PKM ini yaitu metode pelatihan, praktik dan pendampingan. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan PKM ini terukur dari luaranĀ  yang dihasilkan bahan ajar berupa modul bersifat kondisional yang interaktif dan artikel ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, R & Umniati N, 2012, Pengembangan Virtual Class Untuk Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 2, Oktober 2012 (diunduh tanggal 9 mei 2020).

Budi, N E, 2017, Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma 1 Kudus Tahun 2017, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27 No.2 (diunduh pada tanggal 10 Mei 2020).

Rohani, A & Ahmadi, A 1991,Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Sarwa, 2019, Manajemen Kelas dan Pengembangan Instrumen Secara Daring, Medan.

Sudiana, R , Fatah, A & Khaerunnisa, E, 2017, Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Virtual Clas, JPPM Vol 10 No. 1. (diunduh tanggal 10 Mei 2020)

Susilana,R & Riyana, C 2007, Media Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung. Asrori, M 2007, Psikologi Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung.
Published
2020-12-18
How to Cite
YUNI, Revita; FRISNOIRY, Suci; EZA, Gita Noveri. PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KONDISIONAL PEMBELAJARAN LURING. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 312-320, dec. 2020. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/753>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.753.
Section
Articles