PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KREATIVITAS GURU SMP MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SOAL-SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

  • Wulandari Wulandari Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
  • Marhami Marhami Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
  • Rohantizani Rohantizani Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
  • Muliana Muliana Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas guru-guru SMP di Aceh Utara dalam mengimplementasikan pembelajaran matematika melalui pembuatan soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari (1) Pengenalan soal HOTS sebagai Alat Evaluasi, (2) Mendesain Soal Hots, (3) Praktik pembuatan soal HOTS pada materi Aljabar, Statistika, dan Geometri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, dialogis, dan pelatihan. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi guru-guru SMP di Aceh Utara dan berdampak pada terjadinya peningkatan kompetensi, kreativitas, dan professional guru-guru SMP di Aceh Utara. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diperoleh hasil bahwa: (1) Bertambahnya wawasan guru-guru SMP di Aceh Utara tentang pembuatan soal-soal matematika berbasis HOTS, (2) Meningkatnya pemahaman guru-guruSMP di Aceh Utara dalam memecahkan masalah matematis yang menuntut berpikir tingkat tinggi, (3) Meningkatnya kreativitas guru-guru SMP di Aceh Utara dalam membuat perencanaan pembelajaran matematis yang berbasis HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

Deni, K. H. (2008). Seluk-Beluk Profesi Guru. Bandung : PT Pribumi Mekar.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosdakarya.
Novauli, F. (2015). Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. ISSN 2302-0156 . Volume 3, No. 1, Februari 2015. Hal. 45-67.

Purwanto, Budi. (2004). Fisika Dasar Teori dan Implementasinya. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Rohim, Dhina, C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 4 Nomor 4, Hal. 436- 450

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Raja grafindo Persada.

Sagala,S., (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sumaryanta. (2018). Penilaian HOTS dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(8), 500–509.https://doi.org/10.31227/osf.io/zypex

Talajan, G. (2012). Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Uno, H. B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2020-12-18
How to Cite
WULANDARI, Wulandari et al. PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KREATIVITAS GURU SMP MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SOAL-SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 321-332, dec. 2020. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/752>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.752.
Section
Articles