PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KREATIVITAS GURU SMP MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SOAL-SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas guru-guru SMP di Aceh Utara dalam mengimplementasikan pembelajaran matematika melalui pembuatan soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari (1) Pengenalan soal HOTS sebagai Alat Evaluasi, (2) Mendesain Soal Hots, (3) Praktik pembuatan soal HOTS pada materi Aljabar, Statistika, dan Geometri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, dialogis, dan pelatihan. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi guru-guru SMP di Aceh Utara dan berdampak pada terjadinya peningkatan kompetensi, kreativitas, dan professional guru-guru SMP di Aceh Utara. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diperoleh hasil bahwa: (1) Bertambahnya wawasan guru-guru SMP di Aceh Utara tentang pembuatan soal-soal matematika berbasis HOTS, (2) Meningkatnya pemahaman guru-guruSMP di Aceh Utara dalam memecahkan masalah matematis yang menuntut berpikir tingkat tinggi, (3) Meningkatnya kreativitas guru-guru SMP di Aceh Utara dalam membuat perencanaan pembelajaran matematis yang berbasis HOTS.
Downloads
References
Deni, K. H. (2008). Seluk-Beluk Profesi Guru. Bandung : PT Pribumi Mekar.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosdakarya.
Novauli, F. (2015). Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. ISSN 2302-0156 . Volume 3, No. 1, Februari 2015. Hal. 45-67.
Purwanto, Budi. (2004). Fisika Dasar Teori dan Implementasinya. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Rohim, Dhina, C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 4 Nomor 4, Hal. 436- 450
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Raja grafindo Persada.
Sagala,S., (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Sumaryanta. (2018). Penilaian HOTS dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(8), 500–509.https://doi.org/10.31227/osf.io/zypex
Talajan, G. (2012). Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Uno, H. B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.