PENYULUHAN MENGENAI USAHA KULINER DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI DARING
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan pemahaman dan memberikan inspirasi kepada masyarakat mengenai usaha kuliner di masa pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara daring menggunakan zoom dan youtube. Tahapan pengabdian dilakukan dengan pembuatan dan penyebaran flyer serta pembuatan materi. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan penyampaian materi, demontrasi pembuatan corn almond pudding dan diskusi atau tanya jawab. Tahap akhir pengabdian yaitu evaluasi kegiatan pengabdian dengan pengisian kuisioner google form. Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan lancar dengan dihadiri 122 orang peserta. Peserta antusias mengikuti setiap sesi acara pengabdian. Berdasarkan evaluasi kuisioner, diketahui bahwa hampir seluruh peserta mendapatkan inspirasi mengenai berwirausaha kuliner dan hampir seluruh peserta menjawab dengan benar pertanyaan yang berkenaan dengan usaha kuliner.
Downloads
References
Boluarte Carbajal A, et al. Working conditions and emotional impact in health care workers during COVID-19 pandemic. J.healthc.qual.res.2020.https://doi.org/10.1016/j.jhqr.2020.08.002
Bucak, T., & Yiğit, S. (2020). The future of the chef occupation and the food and beverage sector after the COVID-19 outbreak: Opinions of Turkish chefs. International Journal of Hospitality Management, 92(October 2020). https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102682
Burhanuddin, C.I. dan Abdi, M.N. 2020. ANCAMAN KRISIS EKONOMI GLOBAL DARI DAMPAK PENYEBARAN VIRUS CORONA (COVID-19). Akmen 17(1): 710-718.
Cindi Adelia Putri, E. (2018). Ingredients of Rendang Dalam Penciptaan Karya Food Photography. Jurnal, 1, 46–51.
Nasution, D.A.D., Erlina dan Muda, I. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita 5 (2): 212-224.
Ngadi, Meilianna, R., Purba, Y.A. 2020. DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PHK DAN PENDAPATAN PEKERJADI INDONESIA. Jurnal Kependudukan Indonesia Juli 2020, pp: 43-48
Nugroho, A. 2020. Psikolog: Hadapi Pandemi Dengan Cara Pandang Positif. https://ugm.ac.id/id/berita/19807-psikolog-hadapi-pandemi-dengan-cara-pandang-positif diakses pada tanggal 01 Oktober 2020.
Rohmah, S. N., & Syari, F. (2020). Adakah peluang bisnis di tengah kelesuan perekonomian akibat pandemi Corona virus Covid-19 ? ’ADALAH ; Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 63–74.
Standar Nasional Indonesia. (2008). Biji Kopi SNI 2907:2008. http://www.cctcid.com/wp-content/uploads/2018/08/SNI_2907-2008_Biji_Kopi-1.pdf
Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). PENYUSUNAN STRATEGI DAN SISTEM PENJUALAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO DAMAI. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN PETRA, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.4135/9781452229669.n3693