PENDAMPINGAN UMKM MORING KAMPUNG SUKADANA DALAM MENINGKATKAN KETERJANGKAUAN PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL
Abstract
Dalam era digital saat ini, kemampuan pelaku usaha memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi menjadi kunci dalam mengembangkan usaha, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, masih banyak UMKM yang belum mampu mengoptimalkan platform digital karena keterbatasan sumber daya dan pengetahuan, terutama dalam aspek pemasaran visual. Mitra pengabdian ini adalah moring Diva, UMKM di bidang makanan ringan yang berlokasi di Kampung Sukadana Baru, Garut. Mitra memiliki potensi produk yang baik, namun menghadapi kendala pemasaran digital seperti pengelolaan akun Instagram yang belum optimal, kurangnya foto produk menarik, dan belum adanya penunjuk lokasi usaha yang memadai. Program ini bertujuan membantu mitra mengatasi kendala tersebut guna meningkatkan jangkauan dan efektivitas penjualan. Kegiatan dilakukan melalui metode: (1) pelatihan media sosial dalam strategi pemasaran digital, (2) pendampingan pembuatan konten Instagram, (3) pendaftaran lokasi usaha di Google Maps, dan (4) pendampingan pengelolaan akun Instagram secara strategis. Hasilnya, terjadi peningkatan signifikan: 2.602 tayangan, 772 akun terjangkau, dan 122 interaksi dalam dua minggu. Mitra kini mampu mengelola akun secara mandiri. Tampilan akun lebih menarik dan profesional, serta kehadiran di Google Maps meningkatkan daya jangkau usaha secara online.
Downloads
References
Angga, K., Prabhawa, S., Atmaja, K. J., Bagus, I., Sarasvananda, G., & Anandita, B. G. (2024). Pendampingan Instagram Marketing dalam Membangun Ketrampilan Pemasaran Digital dan Brand Awareness Produk UMKM di Desa Geluntung. 1(1), 26–33.
Arumsari, N. R., Prianata, Y., Pujiati, M. A., Putri, R. E. G., & Qoiriyah, E. N. (2024). Peningkatan UMKM Desa Lau Dengan Menerapkan Digital Marketing dan Strategi Marketing. Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat, 1(01), 69-76.
Bahtiar, R. A. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19.
Chaves, L. (2025, February 26). 25+ Instagram Reels Statistics, Data, & Trends (2025). From Video Content: https://vidico.com/news/Instagram-reels-statistics
Fanaqi, C., Dewi, R. U., & Yatnosaputro, S. (2022). STRATEGI E-MARKETING UMKM PRODUK MAKANAN 3S OPIEUN NHEUNAH DI MASA PANDEMI COVID-19. In JDMR Jurnal Digital Media & Relationship Jurnal Digital Media & (Vol. 4, Issue 1).
Fauziyah, A. (2019, February 26). Digination.id. Retrieved from https://www.digination.id: https://www.digination.id/read/01952/manfaat- google- maps-untuk- dukung-bisnis-online
Kusumawati, R. (2022). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE USAHA KERAJINAN ALFIN ANYAMAN mitra terkait aspek pemasaran
adalah belum dikelola dengan optimal. Konten. 5, 3146– 3153.
Lady, I. M. (2024). Implementasi dan Pengembangan Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro-Kecil. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 10 No 02 Desember 2024, 361-379.
Purwana ES, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM ). 1(1), 1–17.
Puspitawati, I. G. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Berbasis Digital Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. DOI: 10.37673/jmbi.v8i2.178, 167–178.
Sulistiyowati, E., & Rahmawati, I. D. (2024). Digital Marketing Drives MSME Sales Growth in Indonesia. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 19(2), 10-21070..
Sulistiyowati, R., Lidyana, N., & Oktaviani, D. A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 6(1), 176-182.
Supriono, A., Auliyana, S., Kusmiati, A., Suciati, L. P., Damascena, C. R., & Maharani, A. D. (2024). Edukasi Pemasaran Online Menggunakan Google Maps Kepada Pelaku Usaha di Desa Tanjung Kamal. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 8(1), 222-231.
Supriono, A., Wulandari, L. D., Soetriono, S., Suwandari, A., & Rahman, R. Y. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kakanan Dhisa Trebungan di Era Digitalisasi. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 8(1), 232-244.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







