PENYULUHAN DAN PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT KEPADA GURU MI NURUL HIKAM KECAMATAN KAPONGAN
Abstract
Tujuan pelaksanaan program ini adalah (a) mendukung program pemerintah dalam mengusung program kurikulum 2013 secara optimal dengan langsung terjun kemasyarakat, (b) memberi pemahaman kepada guru-guru sekolah dasar tentang perlunya media pembelajaran menggunakan power point sebagai salah satu penunjang proses pembelajaran, (c) melakukan penyuluhan dan pelatihan media pembelajaran menggunakan power point kepada guru-guru sekolah dasar di kecamatan Kapongan khususnya di MI Nurul Hikam. Metode pelaksanaan kegiatan menggadopsi pola pelaksanaan pengabdian tindakan meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan program, pelaksanaan program, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah adanya kreativitas dari guru-guru di kecamatan Kapongan untuk membuat media pembelajaran dari power point, sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan interaktif.
Downloads
References
Dirjen Dikti. 2005.Pedoman Umum: Pengembangan Sistem Asesmen Berbasis Kompetensi.Depdiknas: Jakarta.
Gagne, R. M. 1985.Educational research: An introduction. SeventhEdition. Boston: Pearson Education, Inc.
Heinich, R., Molenda, M., Rusell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002.Instructinal media andtechnology for learning, 7thedition.New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Januszewski, A., Molenda, M. 2008.Educational Technology. New York: Lawrence ErlbaumAssociates.
Parwati, N.N. & Mariawan, I. M. 2008.Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru-guruSD di Kabupaten Tabanan.
Reigeluth, C. M. 1999.Instructioanl-design theories and models:A new paradigm ofinstructional theory. Volume II. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Smaldino, S.E. , Lowther, D.L. & Russell, J.D. 2008.Instructional Media and Technology forLearning. 9thEdition. Upper Saddle Rive NJ: PearsonEducation, Inc.