PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMA MENGGUNAKAN METODE INTERACTIVE LEARNING

  • Sharon Wong Petra Christian University
  • Destya Wiranata Petra Christian University
  • Mahersya Christiani Setiadiwiria Petra Christian University
  • Natasya Mintarja Petra Christian University
  • Ansella Jovita Petra Christian University
  • Elena Erensia Soetandio Petra Christian University
  • Nanik Linawati Petra Christian University

Abstract

Di zaman modern ini, pengetahuan finansial sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Pengetahuan mengenai mengelola keuangan pribadi harus ditanamkan dalam diri semua manusia sejak dini. Kegiatan pengabdian masyarakat di kelas X SOCIAL 2 Sekolah Menengah Atas Nation Star Academy telah dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya literasi keuangan di kalangan remaja usia 15-17 tahun. Metode pengajaran interactive learning digunakan untuk memberikan edukasi literasi keuangan ke para murid SMA, yang bertujuan untuk mendorong keaktifan para murid dalam berpartisipasi dalam pembelajaran. Pengabdian masyarakat dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan untuk menentukan komunitas yang akan dilayani dan persiapan materi dan games yang akan dilakukan, tahap pelaksanaan aktivitas belajar-mengajar, dan tahap evaluasi yang dilakukan melalui games untuk melihat seberapa jauh para murid telah memahami materi. Hasil dari pengabdian masyarakat sangat memuaskan karena para murid yang awalnya tidak terlalu mengerti mengenai materi-materi yang diajarkan menjadi jauh lebih paham mengenai literasi keuangan, yang dibuktikan melalui keaktifan ketika memainkan games, dan perbandingan nilai pre-test dan post-test yang sangat baik. Melalui interactive learning, siswa-siswi kelas X SOCIAL 2 Sekolah Menengah Atas Nation Star Academy menjadi lebih melek finansial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bushan, P., & Medury, Y. (2013). Financial Literacy and its Determinants. International Association of Scientific Innovation and Research (IASIR) (An Association Unifying the Sciences, Engineering, and Applied Research), 4(2), 155–160.
Krishna, A., Rofaida, R., & Sari, M. (2010). Analisis tingkat literasi keuangan di kalangan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Survey pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia). In Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education (Vol. 4, No. 1, pp. 552-560).
Kumalasari, D., & Soesilo, Y. H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 61-71. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p061
Nidar, S. R., & Bestaro, S. (2012). Personal Financial Literacy Among University Students (Case Study at Padjadjaran University Students, Bandung, Indonesia. World Journal of Social Sciences, 2(4), 162–171.
Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. Journals of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x
Saputra, M. F. D., & Putri, R. A. (2024). Penggunaan Penggunaan Strategi Interactive Learning Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Konsep Materi Pembelajaran di MIS Cikawao. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 45-55. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2552
Servon, L. J., & Kaestner, R. (2008). Consumer Financial Literacy and the Impact of Online Banking on the Financial Behavior of Lower-Income Bank Customers. Journal of Consumer Affairs, 42(2), 271–305. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2008.00108.x
Widayati, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Assets Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89–99.
Published
2025-08-20
How to Cite
WONG, Sharon et al. PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMA MENGGUNAKAN METODE INTERACTIVE LEARNING. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 400-410, aug. 2025. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/6357>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v9i2.6357.