LITERASI KEUANGAN SEBAGAI STRATEGI PENGENDALIAN SIKAP KONSUMTIF: EDUKASI KEPADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Felice Carmelite Aprilie Tan Petra Christian University
  • Agnes Natalia Petra Christian University
  • Theressia Selanova Petra Christian University
  • Nanik Linawati Petra Christian University

Abstract

Literasi keuangan yang rendah pada kalangan remaja, khususnya remaja SMP, menyebabkan rendahnya kesadaran perencanaan keuangan dan perilaku konsumtif yang berlebihan. Aspek utama yang berperan dalam permasalahan ini ialah tingginya pengaruh sosial media dan kurangnya kurikulum formal tentang edukasi finansial. Sebagai solusi dari tantangan tersebut, dilaksanakan program pengabdian masyarakat dalam bentuk edukasi keuangan di SMP Negri 57 Surabaya menggunakan metode service learning. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mekanisme pembelajaran disusun secara interaktif melalui penyampaian materi, sesi permainan, sesi diskusi dan tanya jawab, serta sesi refleksi. Metode pembelajaran ini turut serta meningkatkan partisipasi siswa yang berperan dalam menopang pemahaman konsep dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas refleksi juga berperan dalam membangun kesadaran siswa akan pentingnya pengelolaan keuangan yang cermat. Oleh karena itu, kegiatan ini telah berhasil menyampaikan pemahaman komperhensif dan membekali siswa dengan kemampuan dasar yang dapat diimplementasikan pada kemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, A., Dewi, L., Rohmawan, A., Agus, A. A., Wulansari, F., Putra, G., & Apriliani, N. P. (2024). PENDIDIKAN LITERASI FINANSIAL Panduan Implementasi untuk Satuan Pendidikan dan Pemangku Kepentinga.
Bukidz, D. P. (2023). PENERAPAN SERVICE LEARNING DENGAN METODE HYBRID UNTUK MENGEMBANGKAN MOTIVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 6(3), 1–7. https://doi.org/10.19166/jspc.v6i3.6146
Capricho Ablay, J. A. M., L. Gindap, R. A., L. Ralla, P. J., P. Garcia, N. P., P. Garcia, N. P., Pacete, D. A. B., Raminto, P. N., S. Sayon, S. K., & Tomaquin, R. G. (2023). The Relationship between Spending Behavior and Student Financial Management Skills. International Multidisciplinary Research Journal, 5(1). https://doi.org/10.54476/ioer-imrj/579933
Elisabethangreiny, & Saragih, O. (2025). Peran Metode Diskusi dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PAK. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/tritunggal.v3i1.940
Gustavsen, A. M., & Foshaug Vennebo, K. (2024). Group discussions: an active learning resource for school and kindergarten leaders? Educational Research. https://doi.org/10.1080/00131881.2024.2433958
Hunaifi, N., Mauliana, P., Firmansyah, R., Komalasari, Y., Sulastriningsih, R. D., & Dewi, S. W. K. (2024). Dampak media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja di era digital. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 5(3), 161-174. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i3.1412
Indah, N. L. (2024). Model Pembelajaran Discovery Learning pada Operasi Bilangan Kelas 4 SD. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 382-399.
Musadat, I. (2024). Bijak Berkeuangan Di Usia Muda Program Literasi Keuangan Siswa MA Tunggilis Kab. Pangandaran. In Search (Pendidikan, Penelitian & Pengabdian Masyarakat).
Nisa, D. A. & Putri N. W. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif Remaja terhadap Penggunaan Shopeepay Ditinjau dari Etika Konsumsi dalam Islam Studi Kasus pada Desa Pagerbarang. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(1), 14–27.
Otoritas Jasa Keuangan, & Badan Pusat Statistik. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK).
Pengabdian Masyarakat, J., & Mansir, F. (2024). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH CIPUTAT. 1(6), 288–294. https://doi.org/10.62335
Rahayu, Y., Asshidiq, B., Saadah, S., Wandasari, W. W., Septiyanti, R. F., Maulana, A., & Zuhriatusobah, J. (2025). ALAMTANA Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram Pengenalan Literasi Keuangan Melalui Game-Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Lebakwangi 01 Article History. 05(03). https://doi.org/10.51673/jaltn.v5i3.2306
Rahmiyati, N., Rachmawati, T., & Indartuti, E. (2025). PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA PADA IBU IBU RUMAH TANGGA KELOMPOK CAHAYA ISLAMI DI MOJOKERTO. In Jurnal Pengabdian Nasional (Vol. 05, Issue 01).
Rustini, T., Nur, D., Sari, I., Zahidah, D. N., Dzakiyyah, S., Fadhilah, H., Guru, P., Dasar, S., Kunci, K., Kebutuhan, :, & Konsumsi, P. (n.d.). Kondisi Ketika Kebutuhan Sekunder dan Tersier Lebih Diutamakan dibanding Kebutuhan Primer.
Sagita, L., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Prahmana, R. C. I. (2022). Promising research studies between mathematics literacy and financial literacy through project-based learning. Journal on Mathematics Education, 13(4), 753–772. https://doi.org/10.22342/jme.v13i4.pp753-772
Startyaningsih, T., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Hambatan dan Solusi dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Jomblang 03. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1401
Suib, M. S., Rizkiyah, H., & Aini, F. N. (2021). Prevensi Perilaku Konsumtif Persepektif Abraham Maslow dan Tri Logi Santri. TRILOGI (Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora), 2(2).
Syakhilah, A. F., Negeri, U. I., Utara, S., Fadilah, T., Islam, U., Sumatera, N., & Lestari, U. D. (2025). PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA JURUSAN EKONOMI ISLAM UIN SUMATERA UTARA. 2(1), 461–477. https://doi.org/10.61722/jrme.v2i1.3939
Ujang Ruslandi, Siti Qomariyah, & Mimit Sumitra. (2025). Peran Metode Pembelajaran Diskusi dalam Menciptakan Keaktifan Belajar Siswa di MAS Tarbiyatul Islamiyah. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(1), 79–90. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i1.1203
Vogels, E., & Gelles-Watnick, R. (2024, April 24). Teens and social media: Key findings from Pew Research Center surveys. Pew Research Center.
Wibowo, M. P., Jannah, R., Pradita, S., Syahril, A., William, J., Ps, I. V, Estate, M., Percut, K., & Tuan, S. (n.d.). Komunikasi Interpersonal Sebagai Kunci Kesuksesan dalam Proses Belajar Mengajar. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i1.1494
Published
2025-08-25
How to Cite
TAN, Felice Carmelite Aprilie et al. LITERASI KEUANGAN SEBAGAI STRATEGI PENGENDALIAN SIKAP KONSUMTIF: EDUKASI KEPADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 411-421, aug. 2025. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/6282>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v9i2.6282.