OPTIMASI PENJUALAN PRODUK MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM HALAL DI KECAMATAN KOTO TANGAH

  • Mulyadi Muslim STAI Ar Risalah Sumatera Barat
  • M. Wahyudi STAI Ar Risalah Sumatera Barat
  • Doni Eka Putra STAI Ar Risalah Sumatera Barat
  • Fahmi Achta Pratama STAI Ar Risalah Sumatera Barat

Abstract

Pelatihan digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) halal di Kecamatan Koto Tangah dilaksanakan sebagai upaya mengatasi tantangan dalam pemasaran produk secara konvensional. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui pelatihan yang mencakup strategi pemasaran online, pembuatan konten promosi, serta optimalisasi platform digital. Metode Participatory Action Research (PAR) digunakan dengan pendekatan partisipatif melalui observasi, wawancara, diskusi kelompok terarah (FGD), pelatihan, dan pendampingan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai konsep digital marketing dan keterampilan praktis dalam memanfaatkan media sosial serta marketplace untuk memperluas jangkauan pasar. Pelaku UMKM juga menunjukkan kemampuan dalam membuat konten visual menarik dan mengelola strategi pemasaran berbasis data. Selain itu, terbentuknya komunitas UMKM Digital menjadi wadah kolaborasi dan pendampingan berkelanjutan. Evaluasi menunjukkan adanya kesadaran akan pentingnya branding produk. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam mengoptimalkan penjualan produk UMKM halal di Kecamatan Koto Tangah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Earnestly, F., Suryani, Firdaus, & Helga Yermadona. (2019). Penjernihan Air di RT 001 / RW 013 Kelurahan Pasie. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 18–26.
Kandau, M. R., & Munawaroh. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Differentiation Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Erni Dimsum Di Medan Johor. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(2), 547–554.
Nahwan, D., Deri, R. R., Srimurni, R. R., Nugroho, I. S., & Nur, S. (2023). Peningkatan Pdb (Produk Domestik Bruto) Melalui Peningkatan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa (Studi Proyek Perencanaan Bisnis Dalam Mengembangkan Produk Unggulan Desa Tepung Mocaf Di Desa Cikahuripan). Jurnal Media Nusantara, XX(1), 37–51.
Rahmawati, L., & Ikaningtyas, M. (2023). Penerapan Digital Marketing Untuk Mendukung UMKM Segigit Snack Di Kebumen Application of Digital Marketing to Support SME Bites Snack in Kebumen. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 65–66. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.310
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Sulastri, Chichi Andriani, & Yuki Fitria. (2020). Pkm Pengembangan Kampung Entrepreneur Berbasis Digital Marketing Sebagai Media Promosi Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Journal of Community Service, 2(2), 133–142. https://doi.org/10.56670/jcs.v2i2.43
Syaribanun, C. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Par (Participatory Action Research) Di Ra Qurratun a’Yun Durung Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Jurnal Ilmuah Pendidikan Anak, 05(01), 91–110.
Published
2025-06-24
How to Cite
MUSLIM, Mulyadi et al. OPTIMASI PENJUALAN PRODUK MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM HALAL DI KECAMATAN KOTO TANGAH. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 241-249, june 2025. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/6246>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v9i1.6246.