PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN POWER POINT DAN ISPRING BAGI GURU-GURU SMP N 42 OKU

  • Joko Kuswanto Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Baturaja
  • Destiarini Destiarini Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Baturaja
  • Abdul Rahman Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Baturaja
  • Jumdapi Okta Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Baturaja
  • Anggraeni Agustin Muris Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Baturaja

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah penyajian materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Terkait dengan hal tersebut, maka perlu adanya media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa, sehingga suasana pembelajaran lebih nyaman dan menyenangkan. Disamping media dibutuhkan juga guru kreatif yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi dan komputer, maka penting dilakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Power Point dan iSpring bagi guru-guru SMP N 42 OKU. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan guru-guru dapat menggunakan atau memanfaatkan MS Power Point dan iSpring untuk pembuatan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran baik untuk guru maupun siswa. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan adalah guru-guru sudah mengerti dan memahami tentang multimedia dan peranan multimedia dalam pembelajaran. Selain itu guru-guru juga sudah  memahami keuntungan menggunakan mampu membuat setiap langkah pengerjaan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Power Point dan iSpring Suit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiorini, I. L. (2018). Penyuluhan dan Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Animasi Flash Kepada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo, Jurnal Integritas Situbondo, 2(2), 91-100.

Soni, dkk (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang, Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 17-20.

Syah, A. Z., dkk (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Bagi Guru-Guru SMAN 02 Tanjungbalai, Jurdimas, 1(1), 1-6.

El Fauziah, U. N., Suryani, L., Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang, Jurnal Abdimas IKIP Siliwangi, 2(2), 183-191.
Published
2020-07-01
How to Cite
KUSWANTO, Joko et al. PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN POWER POINT DAN ISPRING BAGI GURU-GURU SMP N 42 OKU. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 163-169, july 2020. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/551>. Date accessed: 02 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.551.
Section
Articles