OPTIMALISASI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR UNTUK GURU PAUD DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Abstract
Minimnya penggunaan Platform Merdeka Mengajar terjadi di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di daerah Ibu Kota Nusantara, hal ini terjadi karena guru belum pernah mengakses laman Platform Merdeka Mengajar serta guru merasa kebingungan terhadap menu-menu yang terdapat dalam Platform tersebut. Hal ini tentu menyebabkan ketidaksiapan dalam pengunaannya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai bentuk penguatan kepada guru-guru PAUD kabupaten tersebut untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang menu-menu di dalam aplikasi Platform Merdeka Mengajar. Kegiatan ini berkerja sama dengan penilik beserta lembaga PAUD di Muara Jawa, kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan dalam mengoptimalisasi penggunaan Platform Merdeka Mengajar yakni analisis kebutuhan lembaga PAUD, pelaksanaan kegiatan optimalisasi dan evaluasi. Dari kegiatan yang dilaksanakan seluruh peserta telah dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar, mengetahui dan dapat mengoperasikan menu-menu yang tersedia pada Platform Merdeka Mengajar.
Downloads
References
Hasmawaty, H., Muliati, M., & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya, 4(2), 574–581. https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.433
Ikram, F. Z., & Anaguna, N. (2023). THE IMPACTS OF REAL ACTION FEATURES IN THE MERDEKA MENGAJAR PLATFORM (PMM): MATHEMATICS TEACHER’S PERSPECTIVE. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 11(2), 202–222. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n2a1
Inayati, U. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.
Kartono, K., & Johan, G. M. (2024). Pandangan Guru Sekolah Dasar terhadap Menu Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). AS-SABIQUN, 6(4), 543–557. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i4.4760
Lena, M. S., Nisa, S., Putri, O. K., & Husna, R. H. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 177–185. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1816
Meizar, A., Gunawan, H., & Nurhayati, N. (2022). Merdeka Belajar Application Training for Teacher of SMP Negeri 1 Hamparan Perak. ZADAMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 97–100. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/zadama.v1i2.27
Meuthia, R. (2023). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar Dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 614–639.
Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi aplikasi Merdeka Mengajar dan pengisian konten pembelajaran pada SMKN 3 Seluma untuk mendukung program SMK-PK Tahun 2021. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(2), 55–60. https://doi.org/https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i2.410
Putra, D. A., Rullyanti, M., Diana, E., Bernando, J., & Tuastia, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Bagi Guru-Guru SD Korwil II Bengkulu Utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 89–92. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3581
Putri, A. A. P., Nuraini, P., Halida, H., & Fauzi, C. (2024). Pendampingan komunitas belajar pendidikan anak usia dini di daerah Ibu Kota Nusantara (IKN) Paser Penajam Utara. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1025–1032. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23041
Riti, Y. F., & Trisyanti, L. I. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar bagi Guru-Guru TK Citra Bangsa. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 48–52. https://doi.org/https://doi.org/10.34148/komatika.v2i2.579
Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823
Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766
Uluwiyah, T., Kholis, N., & Iskarim, M. (2024). Analisis Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru PAI & BP dalam Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 8(1), 659–666.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







