PENDAMPINGAN EDUKASI GIZI DAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA GURU DI WILAYAH GUGUS SERUNI PEDURUNGAN SEMARANG

  • Vilda Ana Veria Setyawati Kesehatan Masyarakat, Universitas Dian Nuswantoro
  • Eti Rimawati Kesehatan Masyarakat, Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Program kemitraan masyarakat dilaksanakan di KB TK Binarrahman dengan peserta guru-guru KB dan TK yang tergabung di Gugus Seruni UPTD Pedurungan selama bulan Desember 2012 dan Januari 2020 dengan total peserta yang aktif berjumlah 18 guru. Tujuan kegiatan ini untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra yaitu, guru belum mendapat pelatihan gizi dan kesehatan reproduksi, kurangnya sarana edukasi kedua hal tersebut, dan sekolah tidak memiliki alat antropometri gizi yang sesuai standar. Tahapan kegiatan meliputi pelatihan kepada guru-guru selama sehari penuh yang diawali dan diakhiri dengan pre dan post test. Materi gizi yang diberikan meliputi gizi seimbang pada balita, stunting, dan antropometri. Materi kesehatan reproduksi dini yang diberikan meliputi pengenalan organ tubuh, bagaimana cara membersihkan dan melindunginya. Setelah itu 1 bula kemudian, dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan edukasi gizi seimbang dan kesehatan reproduksi usia dini dari guru ke siswa. Hasil uji beda pengetahuan pre dan post test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari keduanya (uji wilcoxon) yang didukung dengan analisis frekuensi dimana, pada saat post test, yang mendapatkan nilai baik meningkat dari 44,4% menjadi 72,2 %.


Kata Kunci: PAUD-HI, guru, siswa, gizi, kesehatan reproduksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulina, C. N., Rezania, V. and Destiana, E. (2018) “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pendampingan Bagi Guru Pos Paud,” Jurnal ABDI, 3(2), p. 41. doi: 10.26740/ja.v3n2.p41-45.
Hajati, K. (2018) “Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat,” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), pp. 17–24. doi: 10.31605/ijes.v1i1.133.
Kemdikbud (2015) Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD.
Pendidikan, P., Litbang, B. and Agama, K. (2017) “PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DI RAUDLATUL ATHFAL ( RA ) INTEGRATIVE HOLISTIC EDUCATION AT RAUDLATUL ATHFAL ( RA ),” 15(2), pp. 241–262.
Published
2020-07-01
How to Cite
SETYAWATI, Vilda Ana Veria; RIMAWATI, Eti. PENDAMPINGAN EDUKASI GIZI DAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA GURU DI WILAYAH GUGUS SERUNI PEDURUNGAN SEMARANG. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 49 - 57, july 2020. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/525>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.525.
Section
Articles