PENDAMPINGAN EDUKASI GIZI DAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA GURU DI WILAYAH GUGUS SERUNI PEDURUNGAN SEMARANG
Abstract
Program kemitraan masyarakat dilaksanakan di KB TK Binarrahman dengan peserta guru-guru KB dan TK yang tergabung di Gugus Seruni UPTD Pedurungan selama bulan Desember 2012 dan Januari 2020 dengan total peserta yang aktif berjumlah 18 guru. Tujuan kegiatan ini untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra yaitu, guru belum mendapat pelatihan gizi dan kesehatan reproduksi, kurangnya sarana edukasi kedua hal tersebut, dan sekolah tidak memiliki alat antropometri gizi yang sesuai standar. Tahapan kegiatan meliputi pelatihan kepada guru-guru selama sehari penuh yang diawali dan diakhiri dengan pre dan post test. Materi gizi yang diberikan meliputi gizi seimbang pada balita, stunting, dan antropometri. Materi kesehatan reproduksi dini yang diberikan meliputi pengenalan organ tubuh, bagaimana cara membersihkan dan melindunginya. Setelah itu 1 bula kemudian, dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan edukasi gizi seimbang dan kesehatan reproduksi usia dini dari guru ke siswa. Hasil uji beda pengetahuan pre dan post test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari keduanya (uji wilcoxon) yang didukung dengan analisis frekuensi dimana, pada saat post test, yang mendapatkan nilai baik meningkat dari 44,4% menjadi 72,2 %.
Kata Kunci: PAUD-HI, guru, siswa, gizi, kesehatan reproduksi.
Downloads
References
Hajati, K. (2018) “Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat,” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), pp. 17–24. doi: 10.31605/ijes.v1i1.133.
Kemdikbud (2015) Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD.
Pendidikan, P., Litbang, B. and Agama, K. (2017) “PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DI RAUDLATUL ATHFAL ( RA ) INTEGRATIVE HOLISTIC EDUCATION AT RAUDLATUL ATHFAL ( RA ),” 15(2), pp. 241–262.