PKM PEMBUATAN KEMASAN, PENINGKATAN PRODUKSI DAN PERLUASAN PEMASARAN KERIPIK SINGKONG DI SUBANG JAWA BARAT

  • OPAN ARIFUDIN STEI AL-AMAR SUBANG

Abstract

Dalam sebuah usaha Inovasi, peningkatan produksi dan pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Namun masalah yang dihadapi oleh usaha ataupun industri kecil saat ini adalah pengelolaan industri dan pemasaran. Dengan pengabdian masyarakat terkait pendampingan UMKM pada jenis makanan tradisional keripik singkong diharapkan dapat memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan UMKM. Metode penyelesaian masalah yang digunakan berdasar pada pendekatan manajemen dalam meningkatkan hasil produksi dan hasil penjualan dengan 4 (empat) tahapan pelaksanaan program yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta pelaporan. Program pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan inovasi kemasan sesuai dengan aturan Dinas Kesehatan Kota Subang, peningkatan produksi dengan pendekatan manajemen dan perluasan pemasaran pada sosial media serta pasar modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Freeman. (2004). Stakeholder Theory and the Corporate Objective Revisited”. Organization
Science. Vo. 15 No.3

Himawan, Asep, S., & Sugeng, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisa Deskriptif. Scientific Journal Of Informatics, 1(1), 53–63.

Mahmudah, M., & Supri Wahyudi, U. (2017). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern
Terhadap Pasar Tradisional Sleko di Kota Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan
Pendidikan, 6(1), 59–72. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1293.

Miller, R.L. dan Meiners E, R. (2000). Teori Mikroekonomi Intermediate, penerjemah Haris
Munandar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Kasmir. (2013). kewiraushaan (Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.
Erlangga: Jakarta.

Pervaiz K. Ahmed dan Charles D. Shepherd (2010). Innovation Management. New Jersey :
Pearson Education. Inc

Sadono Sukirno. (2008). Mikroekonomi: Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.

Tambajong. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor
Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado, Jurnal EMBA, Vol.1 No.3
September 2013, Hal. 1291-1301

Titik, W., & Purwaning Budi, L. (2017). Ibm-Pendampingan Usaha Kerupuk Rumahan Di Desa Kembang Kabupaten Pacitan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 2(01).
Published
2020-07-01
How to Cite
ARIFUDIN, OPAN. PKM PEMBUATAN KEMASAN, PENINGKATAN PRODUKSI DAN PERLUASAN PEMASARAN KERIPIK SINGKONG DI SUBANG JAWA BARAT. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21 - 36, july 2020. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/514>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.514.
Section
Articles