Workshop Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Teknologi Menggunakan Book Creator Guna Mengenalkan Jati Diri Anak Di Tk Purnama Purwakarta

  • Gia Nikawanti PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Kurnia Jayadinata PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jojor Renta Maranatha PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Galura Muhammad Suranegara PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khoerunnisa Nur Fadillah PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nur Asy-Syifa Jamilah PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fadhila Dwi Rahman PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan orangtua dalam memilih, membuat, dan menggunakan APE book creator yang berbasis teknologi guna memenuhi kebutuhan orangtua dalam menciptakan materi pendidikan yang menarik, bermanfaat, dan kreatif. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di TK Purnama yang berada di Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Hasil dari kegiatan ini adalah terwujudnya pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam memanfaatkan aplikasi book creator sebagai upaya menanamkan jati diri pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gia Nikawanti, PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis Pertama 

Asep Kurnia Jayadinata, PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis Kedua 

Jojor Renta Maranatha, PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis Ketiga

Galura Muhammad Suranegara, PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis Keempat

Khoerunnisa Nur Fadillah, PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis Kelima 

Nur Asy-Syifa Jamilah, PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis Keenam 

Fadhila Dwi Rahman, PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis Ketujuh

References

Dewi K & Herman Z. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 No.1:81–96.
Diana, Sinta Diana, Selvie Sianipar, and Riodinar Harianja. 2022. “Pelatihan Media Pembelajaran Book Creator Kepada Guru-Guru PAUD Yabes Medan.” Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi 2(1):382–88.
Hamzah. 2009. “Teori Pembelajaran Kontruktivisme. Jurnal Psikologi Pendidikan, 2(No 3), h 1.” Jurnal Psikologi Pendidikan.
Permanasari, Alis Triena. 2016. “Dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Anak Usia Taman Kanak-Kanak.” 1(2):107–24.
Fitria, Ramadhan. 2022. Panduan Praktis Merancang Buku Digital Berbasis Book
Creator. Sumatrat Barat: SAGUSATAL IGI

Reni, Akbar, and Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Saragi, Daulat. 2012. “Konstruktivisme Jean Piaget Dalam Teori.” Jurnal Bahasa. Sunanik, Sunanik. 2014. “Perkembangan Anak Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 2(1):14.
Susanti, Marlin Dwi. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Tk.” Jurnal Pendidikan Anak 4(2):646–50.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Penghantar Dalam Berbagai Aspeknya. kencana.
Sianipar, S., & Harianja, R. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Book Creator
kepada Guru-Guru PAUD Yabes Medan. Literasi: Jurnal Pengabdian
Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 382-388.
Published
2024-10-29
How to Cite
NIKAWANTI, Gia et al. Workshop Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Teknologi Menggunakan Book Creator Guna Mengenalkan Jati Diri Anak Di Tk Purnama Purwakarta. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 296-303, oct. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/5110>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i2.5110.