Pemanfaatan Pangan Lokal sebagai Sumber Pangan Alternatif di Gampong Ajee Cut Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar

  • Angga Satria Pratama Universitas Abulyatama
  • Muhammad Hadi Akbar Universitas Abulyatama
  • Cut Alfisyahri Universitas Abulyatama

Abstract

Pemerintah aceh terus memastikan tingkat konsumsi berdasarkan kebutuhan kalori menjadi salah satu instrumen penting untuk menyiapkan cadangan pangan secara optimal. Secara umum, masyarakat Aceh masih dominan mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok, dimana beras menjadi kebutuhan kalori yang paling besar dikonsumsi yaitu 1.030 kkal/kapita/hari dalam 5 tahun terakhir. Gampong Ajee Cut merupakan salah satu gampong yang terletak dikawasan administrasi Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, dengan jarak gampong ke kecamatan sekitar 2,05 km. Gampong Ajee Cut memiliki tiga dusun, dengan total jumlah penduduk sebanyak 634 jiwa yang terdiri dari 317 berjenis kelamin laki-laki dan 317 perempuan. Pelaksanaan kegiatan pemanfaatan pangan lokal sebagai sumber pangan alternatif di Gampong Ajee Cut Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar, dilakukan dengan beberapa tahapan meliputi: survei lokasi, pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi. Materi disampaikan dengan bahasa yang mudah dan tidak terlalu formal, sehingga terlihat dengan jelas antusiame masyarakat dalam kegiatan ini. Proses diskusi berjalan baik, masyarakat bisa bertanya langsung dari penjelasan materi yang disampaikan, tanpa harus menunggu materi selesai dipaparkan dulu, sehingga diakhir pemaparan materi masyarakat sudah mengetahui dan memahami materi yang disampaikan. Pemateri sebelum menutup kegiatan mengevaluasi kembali keberhasilan sosialisasi dengan bertanya langsung kepada masyarakat, sebagian masyarakat menjawab dengan tepat semua pertanyaan dari pemateri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan baik, pemberian informasi mengenai pemanfaatan pangan lokal sebagai sumber pangan alternatif merupakan sebuah langkah awal yang ditempuh, diharapkan dapat terlaksana dengan baik, sehingga kedepan pemenuhan kebutuhan gizi seimbang terus meningkat dan akan muncul beragam variasi makanan alternatif pangan lokal yang bisa dikonsumsi bersama keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Aceh Besar. (2023a). Kabupaten Aceh Besar Dalam Angka 2023. BPS Aceh Besar.

BPS Aceh Besar. (2023b). Kecamatan Ingin Jaya Dalam Angka 2023. BPS Aceh Besar.

Dinas Pangan Provinsi Aceh. (2021). Kajian kebutuhan Pangan Lokal Provinsi Aceh, Pentingnya Cadangan Pangan Lokal. https://dinaspangan.acehprov.go.id/berita/kategori/distribusi-pangan/kajian-kebutuhan-pangan-lokal-provinsi-aceh-pentinngya-cadangan-pangan-lokal

Kementerian Pertanian. (2018). Petunjuk Teknis Pengembangan Pangan Lokal Tahun 2019.

Khoerunisa, T. K. (2020). Review: Pengembangan Produk Pangan Fungsional di Indonesia Berbasis Bahan Pangan Lokal Unggulan. Indonesian Journal of Agricultural and Food Research, 2(1), 49–59.

Kurniawan, H. (2017). Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Pada Anak di Panti Asuhan Melalui Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 3, 9–16.

Pitaloka, M. D. A., Sudarya, A., & Saptono, E. (2021). Manajemen Ketahanan Pangan Melalui Program Diversifikasi Pangan di Sumatera Utara dalam Rangka Mendukung Pertahanan Negara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(2), 58–83.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. PT Refika Aditama.

Tambunan, I., Pratama, A. S., Jayanti, T. N., Anri, & Arianti, S. A. (2021). Training of Covid-19 Volunteer. JCES (Journal of Character Education Society), 4, 238–247.
Undang-Undang RI. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.
Published
2024-05-19
How to Cite
PRATAMA, Angga Satria; AKBAR, Muhammad Hadi; ALFISYAHRI, Cut. Pemanfaatan Pangan Lokal sebagai Sumber Pangan Alternatif di Gampong Ajee Cut Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 287-295, may 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4332>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4332.