Penerapan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kakanan Dhisa Trebungan di Era Digitalisasi
Abstract
Kemajuan teknologi mendorong masyarakat berpikir kritis dan inovatif. Lahirnya teknologi memberikan terobosan baru dalam sektor pemasaran yang diimplementasikan dengan digitalisasi. Digitalisasi merupakan suatu proses mengalih media informasi analog ke media digital. Kemampuan membaca peluang merupakan hal utama yang bisa dimanfaatkan khususnya oleh penggerak UMKM, akan tetapi minimnya pengetahuan terkait digitalisasi membuat masyarakat sulit untuk menerapkan konsep digital marketing. Untuk itu penulis memiliki ketertarikan untuk memberikan edukasi dan bantuan kepada UMKM yang bergerak dibidang jajanan tradisional yaitu Kakanan Dhisa. Inovasi yang diberikan yaitu pengenalan konsep digitalisasi UMKM Kakanan Dhisa untuk meningkatkan produktivitas penjualan. Tujuan penulis menerapkan inovasi tersebut untuk meningkatkan penjualan yang beberapa waktu terakhir mengalami penurunan pelanggan karena lokasi yang kurang strategis. Dari hasil penerapan digital marketing yang dilakukan, UMKM Kakanan Dhisa memiliki logo resmi dan video promosi proses pembuatan jajanan tradisional.
Downloads
References
Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, and Wulan Dari. 2021. “Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing.” Prosiding Seminar Kewirausahaan 2(1):294–300.
Bahtiar, Rais Agil. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Serta Solusinya. Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik,Vol. XIII, No.10.
Beddu, M., Nurbakti, R., & Natsir, U. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Era New Normal… YUME : Journal of Management Analisis Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Era New Normal. YUME : Journal of Management, 4(3), 378–391.
D. T. Yulianti, "Pengembangan Digitalisasi Perawatankesehatan Padaklink Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), Vol. 2, P. 2, 2021.
D. Purwana, "Pemanfaatan Digital Marketingbagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm)Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit," Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1, 2017.
Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246.
Prabowo, R. U. dkk. 2023. Optimalisasi Kinerja Manajemen Dan Sadar Legalitas Usaha Terhadap Pemberdayaan Umkm Desa Jenggawah Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Integritas. Vol 7, No 1. Hal 157-167.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 – 17.
Ramadhan dan Pertiwi. 2024. Penerapan Digital Marketing Pada Era Digitalisasi Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Gunung Anyar Tambak. Karya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.4 No.1. 2024: 1-6.
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawul a.vli3.25256
Utami, Sari. 2023. “Belanja Online Menjadi Trend Remaja Selama Pandemi Covid-19.” AN-NISA: Jurnal Studi Gender Dan Anak 13(1):730–38.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.