Edukasi Pemasaran Online Menggunakan Google Maps Kepada Pelaku Usaha di Desa Tanjung Kamal

  • Agus Supriono Universitas Jember
  • Sania Auliyana Universitas Jember
  • Ati Kusmiati Universitas Jember
  • Luh Putu Suciati Universitas Jember
  • Cindera Rosa Damascena Universitas Jember
  • Ariq Dewi Maharani Universitas Jember

Abstract

Minimnya kesadaran pelaku UMKM terhadap dampak yang didapatkan ketika menerapkan teknologi internet dan jejaring sosial dalam memasarkan produk, membuat pelaku UMKM di Desa Tanjung Kamal - Kecamatan Mangaran - Kabupaten Situbondo – Provinsi Jawa Timur, kesulitan membangun hubungan dan kepercayaan dengan calon pelanggan. Hal ini membuat pelaku UMKM hanya mengandalkan pemasaran konvensional seperti metode pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Melihat kondisi seperti ini maka edukasi terkait pemasaran online menggunakan Google Maps dan pendampingan dalam pendaftaran lokasi usaha di Google Maps diperlukan guna memaksimalkan potensi pasar yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beddu, M., Nurbakti, R., & Natsir, U. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Era New Normal… YUME : Journal of Management Analisis Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Era New Normal. YUME : Journal of Management, 4(3), 378–391. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.532.

Budiman, J., & Agustiwi, W. (2022). Utilization Of Digital Marketing For Kaca Cipta Mandiri MSMEs. 2(1), 90–103.

Djamaludin, D., Anwar, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan kemampuan usaha kecil dan menengah di Wilayah Bandung Raya dalam pemanfaatan internet sebagai sarana pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1), 125-130.

Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246.

Lestari, A. S., Wahyuningsih, N., Maharani, N., Sanjaya, L., Putra, A. P., & Khomariah, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 887(3), 2022. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas.

Novia, C., Hasanah, L. U., & Amalia, M. R. (2022). Dampak Digitalisasi Marketing Terhadap Daya Saing UKM Tahu. 10(2), 115–122.
Published
2024-05-01
How to Cite
SUPRIONO, Agus et al. Edukasi Pemasaran Online Menggunakan Google Maps Kepada Pelaku Usaha di Desa Tanjung Kamal. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 222-231, may 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4268>. Date accessed: 08 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4268.