Pendampingan UMKM melalui Pemahaman Manajemen Keuangan Sederhana dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kapasitas Usaha

  • Dimas Bastara Zahrosa Universitas Jember
  • Djoko Soejono Universitas Jember
  • Rachmat Udhi Prabowo Universitas Jember
  • Gatot Subroto Universitas Jember
  • Sasmita Sari Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Perkembangan jumlah UMKM di Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dari tahun ke tahun semakin bertambah. Kebanyakan UMKM di Desa Jatimulyo yaitu lebih mengarah pada bidang makanan maupun minuman. Contoh UMKM yang ada diantaranya yaitu usaha catering, jamu tradisional, pengrajin tempe, kerupuk kedelai, rengginang, keripik usus, keripik singkong, susu kedelai, kerupuk pentol dan masih banyak produk-produk lainnya. Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat beberapa kendala yang pada umumnya dihadapi oleh pelaku UMKM. Tujuan kegiatan diantaranya : (1) Memberikan wawasan pengetahuan bagi pelaku usaha dalam Etika Bisnis.; (2) Memberikan pengetahuan bagi pelaku usaha tentang pentingnya pencatatan transaksi keuangan melalui manjemen keuangan sederhana; dan (3) Meningkatkan daya saing produk melalui publikasi web untuk mempermudah pemasaran. Kegiatan pendampingan dilakukan di Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember selama 3 bulan dimulai pada bulan Oktober sampai Desember tahun 2021. Metode pelaksanaan yaitu diawali dengan adanya survey dan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan serta monitoring dan evaluasi. Melalui pendampingan Satu Desa Satu Dosen (SDSD) dapat memberikan output bagi Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember yaitu berupa website UMKM yaitu https://umkmjatimulyo.wixsite.com/umkmdesajatimulyo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunartin. 2017. Penguatan Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis Vol.1 No. V Desember 2017

Harahap, Y.R. 2014. Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan yang Dimiliki Pelaku UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM. Jurnal Riset Akuntansi, Vol 14 No 1.

Kusuma, Y.B., dan R. Fatmawati. 2019. Analisis Penerapan Etika Bisnis Pada Ukm Pengolah Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis. 5(2): 1-14.

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Prabowo, R. U. dkk. 2023. Optimalisasi Kinerja Manajemen Dan Sadar Legalitas Usaha Terhadap Pemberdayaan Umkm Desa Jenggawah Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Integritas. Vol 7, No 1. Hal 157-167.

Prabowo, R. U. dkk. 2022. Aktualisasi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Pokmas Betiri Sejahtera Lestari Di Desa Sanenrejo. Jurnal Pengabdian Integritas. Vol 6, No 1. Hal 134-144.

Soejono, D., Soebroto G., Maharani A. D., dan Zahrosa D. B. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Pengembangan Budidaya Secara Generatif dan Penanganan Pasca Panen Komoditas Marongghi/Kelor di Desa Talango Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian. 5(1): 110-121.

Zahrosa. D. B. dkk. 2021. Teknologi Tepat Guna: Pemanfaatan Kulit Kopi Sebagai Alternatif Media Tumbuh Jamur Tiram. Jurnal Pengabdian Integritas. Vol 5. No. 1 Hal 98 – 109.
Published
2024-05-01
How to Cite
ZAHROSA, Dimas Bastara et al. Pendampingan UMKM melalui Pemahaman Manajemen Keuangan Sederhana dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kapasitas Usaha. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 211-221, may 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4267>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4267.