Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Pemahaman Baca Al-Quran di Dusun Krajan Desa Sliwung Melalui Kelas Tajwid
Abstract
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk kontribusi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat melalui program PBPMD (Pengabdian Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Desa). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami Desa Sliwung yakni minimnya tenaga pengajar atau guru mengaji dan rendahnya minat belajar baca Al-Quran dengan baik dan benar. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah anak-anak di Dusun Krajan Desa Sliwung dari tingkat pendidikan PAUD hingga SMP. Pengabdian dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan metode pendampingan keagaaman berupa bimbingan mengaji yang dilakukan secara intensif setiap hari melalui kelas tajwid di masjid Baitul Amin dan Musholah Nurul Huda selama kegiatan KKN berlangsung selama 2 bulan. Hasil pengabdian memberikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi Desa Sliwung, khususnya Dusun Krajan yaitu menumbuhkan minat belajar baca Al-Quran pada anak-anak serta pelafalan membaca Al-Quran anak-anak Dusun Krajan semakin membaik. Yang ditunjukkan dengan sikap antusias dan sikap aktif anak-anak Dusun Krajan mengikuti kelas tajwid dan berinteraksi dengan guru mengaji dalam hal ini yaitu mahasiswa KKN. Dengan adanya kelas tajwid sangat membantu anak-anak dalam memahami baca Al-Quran dengan baik dan benar serta menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada anak-anak Dusun Krajan, Desa Sliwung.
Downloads
References
Anon. n.d. “Sliwung.” BKKBN. Retrieved March 5, (2024) (https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/4098/sliwung).
Azzaen, Maulida Khofifah, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, and Indra Sudrajat. (2021). “Implementasi Program Pemberdayaan Yatim Piatu Di Desa Panyindangan Kulon Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu.” Journal Islamic Pedagogia 1(2):25–30. doi: 10.31943/pedagogia.v1i2.38.
Endah, Kiki. (2020). “Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa.” Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6(1):135–43. doi: 10.25157/moderat.v6i1.3319.
Hadiansah, Deni, Desty Rara Pringgandinie, Agus Winarti, Livia Astuti, Fajar Setyaning Dwi Putra, and Anne Rahaju. (2021). “Sosialisasi Pemanfataan Aplikasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada TK Al-Zharufa Kota Cimahi.” Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):1–16. doi: 10.31943/abdi.v3i1.33.
Ma’mun, Muhammad Aman. (2018) . “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.” Jurnal Annaba’ STIT Muhammadiyah Paciran 4(1):2–10. doi: 10.37286/ojs.v4i1.31.
Putri, Vivi vinika elita, and Muhamad Abdul roziq Asrori. 2019. “Pemanfaatan Digital Game Base Learning Dengan Media Aplikasi Kahoot.IT Untuk Peningkatan Interaksi Pembelajaran.” INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL 16(2):141-150). doi: 10.29100/insp.v16i2.1430.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.