Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Senam Matematika di Desa Seliwung Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo
Abstract
Berdasarkan hasil observasi terhadap beberapa siswa tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di desa Sliwung, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, sebagian besar di antara mereka masih memiliki motivasi belajar matematika yang rendah dan menganggap matematika itu sulit dan tidak menyenangkan. Tujuan dari pengabdian ini yaitu berupaya untuk meningkatkan disposisi matematis dan kecerdasan kinestetik siswa melalui senam matematika di Desa Sliwung, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Pelakanaan pengabdian ini dilakukan oleh dosen dan melibatkan mahasiswa STKIP PGRI Situbondo. Kegiatan ini dilakukan di Desa Sliwung, tepatnya di Balai/Kantor Desa Sliwung, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo selama 2 minggu yaitu setiap hari minggu pagi berupa kegiatan senam pagi yang dimodifikasi dengan gerakan-gerakan matematis (senam dan permainan matematika). Sedangkan peserta senam matematika dalam pengabdian ini adalah beberapa siswa jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang bertempat tinggal di sekitar Kantor Desa Sliwung dengan jumlah peserta sebanyak 27 peserta. Dari hasil kegiatan pengabdian ini terlihat dengan jelas senyum gembira dari seluruh peserta ketika melakukan gerakan-gerakan senam matematika. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa suasana menyenangkan dalam bermain matematika telah tercipta sehingga seluruh peserta sangat antusias dengan riang gembira meniru atau melakukan setiap gerakan yang diinstruksikan oleh instruktur senam yang mencerminkan bahwa disposisi matematis siswa meningkat. Kegiatan ini tidak hanya terfokus pada perhitungan operasi matematika, melainkan juga harus selaras dengan gerakan badan sesuai instruksi instruktur senam. Jadi secara otomatis siswa atau peserta senam juga akan meningkatkan kecerdasan kinestetiknya melalui gerakan-gerakan senam matematika.
Downloads
References
Aprianni, S., Wardhani, S. N., Mardhatillah, S., Azzuhro, M., & Wandini, R. R. (2021). Kesulitan Belajar Materi Matematika Terhadap Siswa Di Sekolah Dasar (Sd). Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 141–147. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i02.743
Bili, L. D., & Dewi, M. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68–78. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index
Hamidah, M. T., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Disposisi Matematik Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Statistika di MTsN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 373–380.
Hidayati, T., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 657–661. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.479
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Jamiah, Y. (2018). Disposisi Matematis Dan Pembelajaran Matematika Humanis Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 12. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26768
Kumala, H. S. E., Rahmania, N. U., & Purnama, S. (2022). Impelementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Senam Irama di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13178
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mu’min, S. A. (2013). Jean Piaget cognitive development teory. Jurnal Al-Ta’dib Vol 6 No 1 Januari-Juni 2013, 6(1), 89–99.
Nisa, Y. K., Riswari, L. A., & Setiadi, G. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1685–1693. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5486
Rismawati. (2022). KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA STKIP MUHAMMADIYAH ACEH BARAT DAYA. Karya Pendidikan Matematika, 9(2), 76–81., 9(2), 76–81.
Saifudin, M. (2019). Pengaruh Senam Latih Otak (Brain Gym) terhadap Motivasi Belajar Siswi Kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Jurnal Surya, 11(02), 46–53. https://doi.org/10.38040/js.v11i02.38
Sunendar, A., Program, D., Pendidikan, S., Universitas, M., & Kontekstual, P. (2016). Mengembangkan Disposisi Matematik Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. 1(1), 1–9.
Yeni, E. M. (2015). JUPENDAS , ISSN 2355-3650 , Vol . 2 , No . 2 , September 2015. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. https://www.neliti.com/publications/71281/kesulitan-belajar-matematika-di-sekolah-dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.