Pelatihan Pengembangan Website Berbasis Opensid dan Layanan Publik

  • Firman Jaya STKIP PGRI Situbondo
  • Anggi Ferdianto Eka Saputra STKIP PGRI Situbondo
  • Imam Sonhaji STKIP PGRI Situbondo
  • Darus Salam STKIP PGRI Situbondo
  • Kosman Kosman STKIP PGRI Situbondo
  • Ulfatus Sonia STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Pengabdian Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PBPMD) dengan fokus pada tema "Desa Digital" di Desa Kedungdowo, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, mengacu pada Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 Pasal 86 yang memberikan hak kepada desa untuk mengakses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten atau kota. Metode pengabdian masyarakat dilakukan melalui pelatihan pengembangan website desa berbasis OpenSID dan layanan publik, melibatkan perangkat desa dan mahasiswa STKIP PGRI Situbondo. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam memanfaatkan sistem informasi desa. Hasil dari kegiatan ini mencakup pembuatan platform sistem informasi desa dengan menggunakan OpenSID, pelatihan perangkat desa, dan pemanfaatan sistem informasi desa untuk pelayanan masyarakat. Selama pelaksanaan, terjadi peningkatan keterampilan literasi digital perangkat desa, dan tersedianya data penduduk desa yang dapat diakses melalui website resmi. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah aplikasi sistem informasi desa berbasis web dengan OPENSID dapat berhasil diterapkan di Desa Kedungdowo. Pelatihan yang efektif mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi digital perangkat desa. Sebagai rekomendasi, perlu dilakukan implementasi lanjutan dengan mendukung regulasi resmi dari Pemerintah Desa Kedungdowo terkait penggunaan sistem informasi desa, guna memastikan keberlanjutan dan keberhasilan penerapan teknologi ini di tingkat desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Behl, Abhishek & Manju Singh. 2014. Critical Analysis of Management Information System of Selected Indian Microfinance Institutions. Procedia-Social and Behavioral Sciences 133 (2014) 20–27.
Botutihe, Nuzlan. 2017. Analisis Efektivitas Pelayanan Publik Pada Rumah Sakit Aloe Saboe Provinsi Gorontalo. PUBLIK: Jurnal Ilmu Administrasi, 6(1), 1-12.

Kepmen PAN Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pelayanan Publik. Menteri Pendayagunanaan Aparatur Negara.

Maryawan, Iwan, dkk. 2013.Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan Vol 1, No 3 (2013).

Rohaeti, Eti &Dadan Zaliluddin. 2018. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa Berbasis Web (Studi Kasus pada Desa Tegalsari Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka).ISBN : 978-602-53437-0-4. SNARTISI 2018.

Rozi, Fahrur & Tomi L. 2017. Pengembangan Website dan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Tulungagung. E-ISSN : 2540 – 8984.Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika Volume 02, Nomor 02, Desember 2017 : 107 – 112

Salim, Aceng . 2013. Management Information in Rural Area : A Case Study of Rancasalak Village in Garut , Indonesia,” Procedia Technol., vol. 11, no. Iceei, pp. 243–249, 2013.

Tantra, Rudy. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informas, Andi, Yogyakarta.

Usman, Husaini dan Purnomo Setia Akbar. 2000. Metode Penelitian Sosial, Jakarta; Bumi Aksara.
Published
2024-03-11
How to Cite
JAYA, Firman et al. Pelatihan Pengembangan Website Berbasis Opensid dan Layanan Publik. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 119-128, mar. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4163>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4163.