Pendampingan dan Pelatihan Entrepreneurial Public Speaking Untuk Komunitas SLKT – GST Baraya

  • Riyanto - Adji Universitas Presiden

Abstract

Berbicara dengan orang lain merupakan suatu kebutuhan kita sebagai makhluk sosial, namun dalam berbicara juga perlu ada teknik dan trik tersendiri, supaya kita mudah berkomunikasi dan pembicaraan akan menjadi lebih hangat dan akrab. Permasalahan kecil yang sering muncul mengenai teknik berbicara adalah ketika kita harus berbicara di depan orang banyak, karena ketika kita harus berpidato seketika grogi, hilang fokus dan konsentrasi, sehingga kepercayaan diri hilang. Permasalahan ini ternyata dialami oleh komunitas SLKT – GST Baraya, karena hanya sebagian kecil saja yang sudah terbiasa berbicara di depan umum atau orang banyak. Oleh karna itu, agar anggota SLKT – GST Baraya memiliki kemampuan public speaking, maka dilakukanlah pendampingan dan pelatihan entrepreneurial public speaking. Tujuannya agar anggota komunitas ini memiliki kemampuan berbicara di depan umum, karena aktivitas mereka berwirausaha menuntuk agar mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, selain itu tugas mereka sebagai masyarakat yang sering kali mendapat acara dadakan sehingga harus mampu mengatasinya dengan cepat. SLKT – GST Baraya merupakan komunitas perantau dari Tegal yang berada di wilayah bandung Raya dengan jumlah kurang lebih 200 orang. setelah dilakukan pendampingan dan pelatihan ada 10% anggota yang tertarik untuk belajar public speaking. Total anggota yang bersedia belajar menunjukan hasil yang berbeda-beda karena masih proses untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan setelah mereka mengikuti pendampingan dan juga pelatihan public speaking menurut mereka banyak keuntungan yang diperoleh seperti semakin percaya diri berbicara, memiliki tantangan untuk banyak baca. Berdasarkan respon inilah, maka pemdampingan dan pelatihan entrepreneurial public speaking sangat penting bagi anggota SLKT – GST Baraya untuk mendukung kelancaran bisnis mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Y. (2020). Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Carnegie, D. (2019). How to Develop Self-Confidence and Improve Public Speaking. Jaico Publishing House.

Indonesia, C. (2019). 5 Cara Mengatasi Gugup ketika Berpidato. Retrieved from www.cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190708132029-255-410132/5-cara-mengatasi-gugup-ketika-berpidato.

Ivanova, T. G. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Revista Universidad y Sociedad, 154-159.

Jessi Triana, S. I. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Bertanding Atlet Pencak Silat dalam Menghadapi Salatiga Cup 2018. Jurnal Psikologi Konseling, 456.

K, M. (2007). Pricing Making Profitable Decision (3 ed.). Singapore: McGraw-Hill.

Nugroho, F. T. (2022). Cara Mengatasi Grogi saat Pidato, Bikin Tenang dan Percaya Diri. Retrieved from www.bola.com: https://www.bola.com/ragam/read/5157587/cara-mengatasi-grogi-saat-pidato-bikin-tenang-dan-percaya-diri?page=4

Nusantara, A. U. (2023). 7 Tips Public Speaking Supaya Enggak Gugup. Retrieved from www.umn.ac.id: https://www.umn.ac.id/7-tips-public-speaking-supaya-enggak-gugup/

Oktavianti, R. d. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia.

Parvis, L. F. (2001). The importance of communication and public-speaking skills. Journal of Environmental Health, 44.

Puspita, R. Y. (2014). Cara Praktis Belajar Pidato, MC, dan Penyiar Radio. Yogyakarta: Notebook.

Sabila, A. (2015). Kemampuan Berpidato dengan Metode Ekstemporan. Jurnal Pesona.

Setiyaningsih, I. (2018). Terampil Berbicara Pengetahuan dan Praktik. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Siahaan, R. Y. (2020). The Effectiveness of Public Speaking Learning Media Based on Digital Multimodal in Indonesian Language Courses at Politeknik Pariwisata Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2036 - 2047.

Subhayni, S. A. (2017). Ketrampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Syarbani, A. (2014). Jago Public Speaking dan Pintar Writing (Membongkar Rahasia Sukses Menjadi Pembicara dan Penulis Hebat). Bandung: Alfabeta.

Tegal, I. (2015). Apa Itu Gerak Sedekah Tegal (GST)? Retrieved from https://infotegal.com/2015/apa-itu-gerak-sedekah-tegal-gst/: https://infotegal.com/2015/apa-itu-gerak-sedekah-tegal-gst/

Tegal, S. L. (2022). Sisi Lain Kabupaten Tegal. Retrieved from https://sisilainkabtegal.or.id/: https://sisilainkabtegal.or.id/

Trik, T. E. (2023). 5 Cara Berpidato di Depan Umum agar Tidak Grogi. Retrieved from https://kumparan.com: https://kumparan.com/tips-dan-trik/5-cara-berpidato-di-depan-umum-agar-tidak-grogi-20zvzIYjZru/full

Winarni, R. (2013). Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Di Depan Umum pada Mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 14.
Published
2024-02-28
How to Cite
ADJI, Riyanto -. Pendampingan dan Pelatihan Entrepreneurial Public Speaking Untuk Komunitas SLKT – GST Baraya. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 95-106, feb. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4121>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4121.