Pendampingan UMKM Cempaka di Desa Sesaot untuk Meningkatkan Penjualan Produk Rengginang Singkong melalui Modifikasi Kemasan
Abstract
Perusahaan atau kelompok individu dengan persyaratan yang sesuai untuk usaha kecil dikenal sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Sebagian Masyarakat Indonesia mengandalkan UMKM sebagai salah satu upaya mereka untuk menopang perekonomian sehati-hari. UMKM Cempaka merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang kuliner yang dikembangkan oleh Ibu Dewi Kasiti pada tahun 2009 hingga saat ini. Produk yang dipasarkan oleh UMKM Cempaka ini berupa makanan ringan yaitu rengginang yang berbahan dasar singkong dengan campuran rumput laut. Strategi yang digunakan antara lain mengedukasi dan memberdayakan UMKM Cempaka dengan cara memperbarui kemasan produknya. Inovasi ini merupakan kreativitas pemilik dan karyawan, yaitu menciptakan kemasan yang lebih menarik aman, higienis. Dengan aplikasi inovasi ini, akan terjadi peningkatan nilai dan ditargetkan adanya peningkatan penjualan produk. Tujuan program ini adalah untuk memberikan pendampingan modifikasi dan penggunaan kemasan yang baik sehingga dapat diterapkan oleh pemilik maupun karyawan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk yang dipasarkan. Diharapkan komitmen ini pada awalnya akan menguntungkan UMKM Cempaka melalui inovasi dan nantinya berpotensi untuk berkembang menjadi penemuan yang lebih baik lagi bagi UMKM Cempaka.
Downloads
References
Iznilillah, W., Kardaya, D., & Haris, H. (2022). Pendampingan Desain Kemasan Produk Keripik Moring di UMKM Banjarwangi-Bogor. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 4(1), 40–46.
Nafif, F., & etc. (2022). Inovasi Packaging dan Marketing Produk UMKM Rumah Sehat Barokah di Desa Bantrung, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, 5(2).
Nasution, Z. A., & Limbong, H. P. (2018). Kajian faktor-Faktor Penguat Usaha Pengembangan UKM Makanan Ringan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 29.
Sucipta, I. N., Suriasih, K., & Kencana, P. K. D. (2017). Pengemasan Pangan Kajian Pengemasan yang Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien. Denpasar : Udayana University Press.
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76.
Zakaria, M., Isti, S., Pertiwi, R. A., Firda, A., Alvin, C. K., Muna, A. I., & Marbiyanti, R. (2023). Pendampingan Perbaikan Packaging sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Produk UMKM “ Mak Plengeh ” di Desa Blabak , Pesantren , Kota Kediri. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–31.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.