Pelatihan Coding Sederhana Bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Pembangunan Game Pada Scratch Tool
Abstract
Keterampilan coding dalam bidang teknologi informasi merupakan keterampilan yang penting untuk diasah sejak usia dini. Namun, istilah coding masih belum banyak terdengar dalam dunia pendidikan pada umumnya, terutama tingkat pendidikan dasar. SD Kreatif Muhammadiyah 03 sudah berusaha dengan baik dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya, namun dalam hal pemanfaatan teknologi informasi masih belum dioptimalkan. Media pembelajaran yang ada dirasa kurang memberikan motivasi kepada siswa dalam belajar dan terkesan monoton, khususnya pembelajaran terkait pengenalan TI. Program pengabdian kepada masyarakat ini telah dilaksanakan dengan memberikan pelatihan teknologi informasi kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Materi pelatihan yang disampaikan berisikan cara membangun permainan sederhana dalam rangka mengenal alur logika coding sederhana (pemula) melalui Scratch tool. Tingkat keberhasilan kegiatan menunjukkan penambahan pengetahuan mitra sebesar 61,5% berdasarkan perbandingan hasil pre-test dan post-test.
Downloads
References
Armoni, M., Meerbaum-Salant, O., & Ben-Ari, M. (2015). From scratch to “real” programming. ACM Transactions on Computing Education (TOCE), 14(4), 1-15.
Fagerlund, J., Häkkinen, P., Vesisenaho, M., & Viiri, J. (2021). Computational thinking in programming with Scratch in primary schools: A systematic review. Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 12-28.
Farolai, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan dasar-dasar komputer sebagai persiapan menyambut pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer pada siswa sd negeri 218 congkoe. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-47.
Gamayanto, I., Haryanto, H., Novianto, S., Maulana, H. T., Prasetyo, L. N., Wibowo, S., ... & Haksoro, E. I. (2023). Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Programming di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Karya. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2), 467-477.
Jatmika, A. H., Arimbawa, I. A., Zubaidi, A., & WW, I. W. (2020). Pengenalan Logika dan Algoritma Pemrograman Menggunakan Program Aplikasi Komputer Scratch Bagi Siswa Usia Tingkat Dasar di SD Negeri Model Mataram. Jurnal Pepadu, 1(3), 307-314.
Muljono, M., Herowati, W., Hidayat, N. N., & Al Azies, H. (2023). Introduction of Computational Thinking Models in the Independent Curriculum Through Scratch Games for Teachers at Gaussian Kamil School Semarang. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 8(1), 9-14.
Mumtaziah, H. Q., & Majid, N. W. A. (2023). Menstimulasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak-Anak dalam Menunjang Kebutuhan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Pemrograman Sederhana. Jurnal Basicedu, 7(5), 2963-2967.
Ningrum, A. A., Marleny, F. D., & Fitri, A. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR KODING PADA SDN SEMANGAT DALAM 1 KAB. BARITO KUALA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(11), 4107-4112.
Ouahbi, I., Kaddari, F., Darhmaoui, H., Elachqar, A., & Lahmine, S. (2015). Learning basic programming concepts by creating games with scratch programming environment. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 1479-1482.
P. Rose, S., Habgood, M. J., & Jay, T. (2020). Designing a programming game to improve children’s procedural abstraction skills in scratch. Journal of Educational Computing Research, 58(7), 1372-1411.
Prasti, D., Rusdi, M. I., & Putri, I. K. (2022). Coding For Kids. Abdimas Langkanae, 2(2), 170-180.
Resnick, M., Maloney, J., Monroy-Hernández, A., Rusk, N., Eastmond, E., Brennan, K., ... & Kafai, Y. (2009). Scratch: programming for all. Communications of the ACM, 52(11), 60-67.
Rodríguez-Martínez, J. A., González-Calero, J. A., & Sáez-López, J. M. (2020). Computational thinking and mathematics using Scratch: an experiment with sixth-grade students. Interactive Learning Environments, 28(3), 316-327.
Sambas, A., Gundara, G., Mujiarto, M., Rusyn, V., Andriana, A., & Aziz, F. A. (2022). Arduino Uno Programming Training for Senior High School in the City of Tasikmalaya. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 2(3), 86-90.
Suhendar, A. M., Ali, S., & Suratman, A. (2021). Membangun Berpikir Kreatif, Sistematis Dan Logis Matematis Melalui Pembelajaran Koding. Jurnal Perspektif, 5(2), 176-190.
Supriadi, D. (2020). Coding Scratch Basic-Scratch 3 (Vol. 1). Saung Coding.
Taufiq, M., TAG, N. L. B., Nofiyanti, E., & Anggarasari, N. H. (2022). Science Learning Training Using Information Technology in The Covid-19 Pandemic. AbdimasMu UMTAS, 1(1), 6-14.
Wulandari, W., Haftani, D. A., Ridwan, T., & Putri, D. I. H. (2021). Pemanfaatan Platform Scratch dalam Pembelajaran Koding di Sekolah Dasar untuk mengasah kemampuan Computational Thinking pada Siswa. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 495-504).
Zamzami, E. M., Tarigan, J. T., Zendrato, N., Muis, A., Yoga, A. P., & Faisal, M. (2020, June). Exercising the students computational thinking ability using Bebras challenge. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1566, No. 1, p. 012113). IOP Publishing.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.