Pengayaan Materi Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar

  • Ramacos Fardela Universitas Andalas
  • Arif Budiman
  • Dedi Mardiansyah
  • Afdhal Muttaqin
  • Mohammad Ali Shafii
  • Mutya Vonnisa
  • Elistia Liza Namigo
  • Dwi Pujiastuti
  • Sri Handani
  • Dian Fitriyani
  • Alimin Mahyudin
  • Astuti -

Abstract

Dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar adalah topik Fisika yang seringkali dijadikan sebagai materi yang sulit oleh siswa di tingkat SMA karena melibatkan konsep fisika yang lebih kompleks dan matematis daripada beberapa topik lainnya. Untuk mengatasi kesulitan ini, penting untuk memiliki metode pengajaran yang efektif yang menggabungkan demonstrasi visual, eksperimen praktikum, dan pemahaman konsep secara mendalam. Pengabdian dosen fisika untuk membantu pemahaman konsep dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar di SMA dapat dilakukan melalui penyampaian materi yang interaktif dan mudah dimengerti. Departemen Fisika, FMIPA, Universitas Andalas melakukan kegiatan pengabdian ini di SMA N 1 Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Kegiatan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Hasil pengabdian yang dilakukan mampu meningkatkan pemahan siswa tentang materi Dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar dilihat dari hasil test yang diberikan. SMAN 1 Gunung Talang berharap kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan pada pengabdian berikutnya sehingga dapat menumbuhkan minat siswa dalam pelajaran sains khusus nya Fisika.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustomi, M. A., & Susarsono. (2021). Pembinaan OSP IPA SMP Sekota Surabaya oleh Departemen Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 69-76.

Desnita, Fadilah, N., & Budi, E. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan "Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung" untuk SIswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 97-104.

Doyan, A., Susilawati, Taufik, M., Kosim, & Ardhuha, J. (2018). Pengayaan Materi Olimpiade Fsika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiase Fisika Bagi Siswa di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 311-314.

Erfan, M., Ratu, T., Yahya, F., Walidain, S. N., & Fitriyanto, S. (2019). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Bagi Siswa SMA Negeri 4 Sumbawa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Fajar, D. M., & Rohmah, I. G. (2019). Kajian Eksperimen Pengukuran Suhu Matahari Menggunakan Peralatan Sederhana Sebagai Pengayaan Materi Radiasi Di Tingkat SMA. Indonesian Journal of Mathematic and Natural Science Education, 1(1), 9-18.

Fardela, R., Mardiansyah, D., Yusfi, M., Namigo, E. L., Vonnisa, M., Taufiq, I., et al. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Online Phet Simulation Untuk Upaya Peningkatkan Pemahaman Konsep Fisika di SMA N 2 Harau. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 58-62.

Ismet, I., Wiyono, K., Andriani, N., Supardi, S., Muniarti, M., Pasaribu, A., et al. (2022). Kerja Sama Guru dan Dosen Sebagai Upaya Persiapan Mengikuti Kompetisi Sains Nasional Bidang Fisika di Kota Prabumulih. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 727.

Jufrida, Kurniawan, W., Basuki, F. R., & Okkasaputra, M. F. (2021). Pengembangan Buku Pengawayaan Fisika Materi Bunyi pada Alat Musik Tradisional Jambi. Physics and Science Education Journal (PsEJ), 1(2), 58-66.

Mardiansyah, D., Muttaqin, A., Fardela, R., Irka, F. H., Handani, S., Dahlan, D., et al. (2023). Pengelolaan Laboratorium Bagi Guru-Guru Fisika dan Perancangan Laboratorium Percontohan di SMAN 2 Harau. BERNAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 69-77.

Munif, M., Syukur, M., & Basri, M. H. (2019). Pengayaan Materi Pelajaran Fisika Berupa Pelatihan Untuk Guru Dan Siswa Madrasah Aliyah Ikut OSN/KSM Tingkat Kota Situbondo . Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(2), 203-217.

Muttaqin, A., Pohan, A. F., Taufiq, I., Sutantyo, T. E., & Mardiansyah, D. (2023). Sekolah Binaan-HIMAFI Universitas Andalas Mengajar SMP 41 Padang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1259-1264.

Nurdawia, N., Zulirfan, Z., & Fakhruddin, Z. (2018). The Practicallity Of Rigid Body Dynamics Constructivist Module As Phyisc Learning Resource Of Senior High School Students. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 120-126.

Sari, P. Y., & Nana, N. (2020). Pengembangan alat praktikum berbasis arduino uno materi kesetimbangan benda tegar (momen inersia dan momentum sudut). Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika e-ISSN, 7(1), 9-14.

Syahrial, A. H., Deliana, W., Cahyani, V. D., & Husaini, A. F. (2022). Pembelajaran Fisika Materi Mekanika Benda Tegar. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan. Inovasi Dan Terapan Teknologi, 1(2), 119-140.

Yuniati, Y., Purwiyanti, S., & Martin, Y. (2019). Sosialisasi Implementasi Buah-Buahan Sebagai Sumber Energi Listrik Untuk Pengayaan Pelajaran Fisika Bagi Siswa SMA YP UNILA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Published
2024-03-30
How to Cite
FARDELA, Ramacos et al. Pengayaan Materi Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 170-180, mar. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4046>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4046.