Program Gemarikan Sebagai Upaya Meningkatkan Gizi dan Kecerdasan Anak Usia Dini Pada TK Aisiyah Bustanul Athfal 1 Dadapan Banyuwangi

  • Nadiya Lifa Ningrum Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Muhamad Alfi Khoiruman Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Galih Satriyo Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Nina Ruly Istiari Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Yosi Mulyana Pratiwi Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Saiful Rochman Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Suwarso Suwarso Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Doni Hadi Irawan Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Jovi Candra Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Janoko Janoko Akademi Kelautan Banyuwangi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang menunjukkan kurangnya minat untuk anak-anak TK dalam mengkonsumsi ikan laut karena sebagian besar alasannya rasanya terkesan amis dan juga ada yang beberapa siswa yang alergi gatal dll. Selain itu kurangnya pendorong dalam edukasi mengkonsumsi ikan laut juga menjadi permasalahan pada mitra, sehingga perlunya sosialisasi terkait kandungan ikan laut diadakan pada TK Aisiyah Bustanul Athfal 1 Dadapan Banyuwangi agar semua pihak lebih sadar untuk gemar konsumsi ikan laut. Permasalahan terakhir yakni belum ada program gemar makan ikan  hanya program makan sehat saja, sehingga perlu ditingkatkan menjadi program Gemarikan agar bisa meningkatkan konsumsi ikan laut dan menjadi TK percontohan yang telah melakukan program Gemarikan. Adapun tujuan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan edukasi kepada guru, orang tua walimurid TK untuk lebih sadar dan berinovasi dalam mengolah ikan laut agar anak-anak menyukai konsumsi ikan laut karena manfaat ikan laut yang mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak anak usia dini. Berdasarkan dari hasil kegiatan yang telah dilakukan ini yakni program GEMARIKAN sangat dibutuhkan untuk anak usia dini dengan memberikan edukasi kepada guru, walimurid dan mencontohkan atau mempraktekkan secara langsung untuk mengkonsumsi ikan laut. Setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Gemarikan) ini diharapkan dengan membuat program gemar ikan yang mewajibkan mengkonsumsi laut kepada murid-murid TK Aisiyah Bustanul Athfal 1 Dadapan Banyuwangi. Program wajib mengkonsumsi laut dilakukan satu bulan satu kali oleh murid-murid TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Dadapan Banyuwangi dengan cara makan bersama-sama dikelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi. Agus. (2017). Strategi Peningkatan Konsumsi Ikan Masyarakat di Kabupaten Demak. Yogyakarta. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Vol 33 No 1. Juli 2017
Ciptanto Sapto, (2010). Top 10 Ikan Air Tawar, Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Damongilala, L. J., & Harikedua, S. D. (2021). Diversifikasi produk perikanan: fish burger. Techno Science Journal, 2(2), 61-68.

Fanani, Ardian. (2022). “Bupati Ipuk Masifkan Gerakan Gemar Makan Ikan”. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6149897/bupati-ipuk-masifkan-gerakan-gemar-makan-ikan.

Kadir, S., & Kes, M. (2022). Kuliner Bergizi Berbasis Budaya. Absolute Media.

Mansur, A. R., & Andalas, U. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Andalas University Pres, 1(1).

Susanto, E., Fahmi, A.S. (2012). Senyawa Fungsional Dari Ikan: Aplikasinya Dalam Pangan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. 1(4). 95-102.

Sutaryo (2004). Dasar-Dasar Sosialisasi, Jakarta: Rajawali Press.
Published
2024-01-15
How to Cite
NINGRUM, Nadiya Lifa et al. Program Gemarikan Sebagai Upaya Meningkatkan Gizi dan Kecerdasan Anak Usia Dini Pada TK Aisiyah Bustanul Athfal 1 Dadapan Banyuwangi. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 46-53, jan. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4014>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4014.