PKM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELOMPOK SADAR WISATA KABUPATEN SITUBONDO

  • Luckman Ashary Manajemen, Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Rinta Santy Rukmana Mahasiswa Program Studi Manajemen, Ekonomi, Univesritas Abdurachman Saleh
  • Mahfud Siddiq Mahasiswa Program Studi Manajemen, Ekonomi, Univesritas Abdurachman Saleh
  • Lindiana Lindiana Mahasiswa Program Studi Manajemen, Ekonomi, Univesritas Abdurachman Saleh
  • Ratih Puspita Sari Mahasiswa Program Studi Manajemen, Ekonomi, Univesritas Abdurachman Saleh
  • Anita Pratama Mahasiswa Program Studi Manajemen, Ekonomi, Univesritas Abdurachman Saleh
  • Putri Ayu Astiana Mahasiswa Program Studi Manajemen, Ekonomi, Univesritas Abdurachman Saleh

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia untuk masyarakat Situbondo dan memberdayakan potensi wisata yang kita miliki untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Sejauh ini potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Situbondo sangat banyak tetapi belum maksimal dalam pengelolaannya. Penelitian ini adalah tentang pengembangan pariwisata daerah melalui studi kasus pengembangan sumber daya manusia di Kelompok Kesadaran Pariwisata di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Dalam Rencana Terpadu dan Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah Kabupaten Situbondo pada tahun 2016 - 2019 dinyatakan bahwa Perencanaan Pariwisata Kabupaten Situbondo di Kabupaten Situbondo diarahkan ke 4 Bidang Strategis, yaitu Bidang Strategis Ekonomi, Bidang Strategis Sosial Budaya, Strategi Strategis Teknologi Tinggi Area, dan Area Strategis Menyelamatkan Lingkungan. Peran sumber daya manusia memiliki peran penting dalam keberhasilan pengembangan dan pengembangan pariwisata daerah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data yang diperoleh berasal dari observasi lapangan, wawancara, diskusi kelompok dan dokumentasi. Pemerintah daerah telah mendorong pengembangan pariwisata daerah, terutama destinasi yang ada di sekitar masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat sekitar untuk dapat mengelola destinasi mereka dengan baik. Dalam mengelola pariwisata, peran pemerintah daerah diperlukan dalam memberikan dorongan dan dukungan pendidikan di sektor pariwisata sehingga dapat mengisi kekosongan pekerja ahli untuk ditempatkan di lembaga / industri pariwisata. Pelaksanaan Kegiatan PKM dalam bentuk Pelatihan Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran dibagi menjadi 3 sesi, yaitu, penyebaran kuesioner / kuesioner, presentasi materi dan sesi terakhir adalah uji kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua peserta mengalami peningkatan pengetahuan dan keseluruhan peningkatan pengetahuan peserta mencapai 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arista. D Pemkab Situbondo Canangkan Perekonomian di Tengah Kota. m.rri.co.id/post/berita/425429/ekonomi/pemkab-situbondo-canangkan-pusat-perekonomian-ditengah-kota.html. Di akses pada 11 Maret 2019

BPS Kabupaten Situbondo. 2018. Kabupaten Situbondo dalam Angka 2018. Situbondo

Chambers. R. 1996. Memahami Desa Secara Partisipatif. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Rahim. F. 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Dirjen Kemenpar. Jakarta

Sodiqin. A. Pertumbuhan Ekonomi Situbondo Stagnan. http://www.jawapos.com. Diakses pada 11 Maret 2019

Suryono. A 2014. Kebijakan Publik Untuk Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Ilmiah. Vol. VI, nomer 02. Hlm 99. http://www.google.co.id/url?=t&source=web&rct=j&url.
Published
2019-12-27
How to Cite
ASHARY, Luckman et al. PKM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELOMPOK SADAR WISATA KABUPATEN SITUBONDO. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 109-126, dec. 2019. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/384>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v3i2.384.
Section
Articles