Pendampingan Menuju Sekolah Digital 3.0: Upaya Meningkatkan Literasi Digital dan Manajemen Terintegrasi di SMP Negeri Satap 4 Panarukan

  • Nine Febrie Novitasari Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ahmad Yusuf Firdaus Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Dengan banyaknya tantangan yang dimiliki dikarenakan statusnya sebagai sekolah satu atap, SMP Negeri Satap 4 Panarukan memiliki potensi untuk berkembang menjadi Sekolah Digital 3.0. Jika dilihat dari kesiapan infrastruktur dan SDMnya, sekolah ini sekarang berada di masa transisi antara Sekolah Digital 1.0 dan Sekolah Digital 2.0. Namun, permasalahan yang dimiliki adalah kurangnya literasi digital kebanyakan guru dan siswa di sana karena mereka tidak menggunakan fasilitas yang ada secara maksimal untuk proses kreatif pembelajaran. Akibatnya, ketersediaan fasilitas, potensi, dan kesempatan yang ada tidak termanfaatkan dengan maksimal dan membuat tidak adanya manejemen sekolah terintegrasi berbasis web. Untuk itu, tim pelaksana menawarkan solusi berupa pendampingan bagi SMP Negeri Satap 4 Panarukan untuk mengembangkan diri menjadi Sekolah Digital 3.0 agar kualitas pembelajaran di sekolah meningkat sehingga dapat memenuhi kebutuhan siswa akan ilmu yang semakin meningkat. Proses penerapan IPTEKS yang dilakukan berupa transfer knowledge tentang literasi digital dan sekolah digital dan penggunaan Google Workspace for Education sederhana yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan pengembangan sistem informasi manajemen sekolah. Pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan pendekatan transdisipliner, di mana tim pelaksana bertugas sebagai fasilitator dan mitra sebagai pelaku untuk mencapai perubahan. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan literasi guru dan siswa dari dimensi invidual dan lingkungan (environment) dan adanya manajemen sekolah terintegrasi berbasis web sehingga mampu mengantarkan SMP Negeri Satap 4 Panarukan menjadi Sekolah Digital 3.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, & Astuti, S. I. (2022). Digitalization and Education Inequality: A Case Study Towards Elementary School Teachers in Baraka District. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–12.

Dewanti, A. K. (2020, September 29). Efektifitas Program Digitalisasi Sekolah. Bhirawa, 4. https://www.harianbhirawa.co.id/efektifitas-program-digitalisasi-sekolah/

Isma, C. N., Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2021). Paparan Program Sekolah Penggerak. In Kemendikbud.Go.Id (p. 8).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019a). Digitalisasi Sekolah. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan, 10. http://repositori.kemdikbud.go.id/17228/1/EDISI-39-2019-1.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019b). Mendikbud Luncurkan Program Digitalisasi Sekolah di Kabupaten Natuna. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/09/mendikbud-luncurkan-program-digitalisasi-sekolah-di-kabupaten-natuna

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Digitalisasi Sekolah Akan Mampu Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa. Majalah Jendela Dikbud, 12. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/digitalisasi-sekolah-akan-mampu-tingkatkan-kualitas-pembelajaran-siswa

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Pesantren Digital Indonesia. (2019). Pembekalan Pesantren Digital Indonesia ke Pelajar Se-Situbondo. https://pesantrendigital.or.id/pembekalan-pesantren-digital-indonesia-ke-pelajar-se-situbondo/

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2020). Menuju Transformasi Digital Pendidikan Indonesia. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/menuju-transformasi-digital-pendidikan-indonesia/

Setiawan, D. (2019). Smart School, Program Unggulan Pembelajaran Digital SMPN 1 Situbondo. Bhirawa Online. https://www.harianbhirawa.co.id/smart-school-program-unggulan-pembelajaran-digital-smpn-1-situbondo/

Sufyan, Q. A., & Ghofur, A. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 157–171. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ibtida/article/view/6531

Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 614–622. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.345

Yanuartanti, I., Kurniasari, I., & Alfin, A. A. (2022). SOSIALISASI PROGRAM DIGITALISASI SEKOLAH MENGGUNAKAN PLATFORM SEKOLAH PINTAR DI MTSN MODEL PARE, KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(2), 210–216.
Published
2023-12-03
How to Cite
NOVITASARI, Nine Febrie; FIRDAUS, Ahmad Yusuf. Pendampingan Menuju Sekolah Digital 3.0: Upaya Meningkatkan Literasi Digital dan Manajemen Terintegrasi di SMP Negeri Satap 4 Panarukan. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 557-574, dec. 2023. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/3821>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v7i2.3821.