Menanamkan Integritas Pada Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pengintegrasian Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Artikel ini menyajikan hasil dari kegiatan penagbdian kepada masyarakat yang bekerja sama dengan Panti Asuhan Tunas Melati di Pokaan, Situbondo. Dalam observasi awal, didaptkan informasi bahwa sejumlah besar anak asuh di panti tersebut memiliki rasa percaya diri yang rendah. Karena merupakan generasi masa depan bangsa, mereka perlu berkembang dan matang sebagai individu yang berintegritas untuk bersaing secara global. Untuk dapat bersaing dalam komunitas global, mereka memerlukan tingkat kesadaran sosial yang lebih tinggi, keterampilan dasar, dan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup. Setelah berkonsultasi dengan mitra program, teridentifikasi bahwa tantangan utama yang mereka hadapi berkaitan dengan (a) kurangnya rasa percaya diri pada anak asuh di Panti Asuhan Tunas Melati dan (b) keterampilan berbahasa Inggris yang tidak memadai untuk interaksi sosial. Berdasarkan tinjauan atas masalah-masalah utama ini dan solusi yang diusulkan, pendekatan dalak kegiatan ini melibatkan penguatan integritas melalui pembelajaran bahasa Inggris, yang kemudian diintegrasikan ke dalam berbagai kegiatan. Hasil dari kegiatan-kegiatan ini menunjukkan bahwa anak asuh di Panti Asuhan Tunas Melati mulai menunjukkan tanda-tanda kesadaran sosial dan kompetensi sosial, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan. Demikian pula, kemampuan berbahasa Inggris mereka baru mencapai Level 1, karena kegiatan-kegiatan ini hanya sebagian dilaksanakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera melaksanakan kegiatan lebih lanjut guna mencapai pencapaian keseluruhan yang diharapkan.
Downloads
References
Bunmak, N. (2021). University Students’ Multimedia Use in Learning English Vocabulary: A Case Study of University Students in Chiang Mai, Thailand. Thaitesol Journal, 34(2), 45–66.
Cambridge. (2011). Assessing Speaking Performance – Level B1 Examiners and speaking assessment in the Cambridge English : Preliminary exam How can I use the Assessment Scales ? (pp. 1–13). Cambridge. https://www.cambridgeenglish.org/images/168617-assessing-speaking-performance-at-level-a2.pdf
Chairani, S. (2021). Using Scrabble for Learning English Vocabulary At Man 2 Kuantan Singingi. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 5(1), 205–212. https://doi.org/10.30743/ll.v5i1.3858
Dewi, N. H. U., Prawitowati, T., Almilia, L. S., & Mursita, L. Y. (2020). Peningkatan Life Skill Anak Panti Asuhan Yatim Melalui Pelatihan Komputer dan Job Preparation Pada Yayasan Pendidikan & Penyantunan Anak Yatim (YPPAY) Adinda. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 65–73. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.65-73
Dewi, R. S., Kultsum, U., & Armadi, A. (2016). Using Communicative Games in Improving Students’ Speaking Skills. English Language Teaching, 10(1), 63. https://doi.org/10.5539/elt.v10n1p63
Diyanti, B. Y., Nurhayati, L., & Supriyanti, N. (2020). the Profile of Primary English Teachers in Indonesia. Litera, 19(1), 37–51. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i1.27228
Fatimah, S., Zulfikar, M. H., & Mansir, F. (2021). Pemberdayaan Panti Asuhan Melalui Pengelolaan Kegiatan Pada Bidang Lingkungan Dan Pertanian Di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 29–37. https://doi.org/10.35130/bbjm.v2i2.218
Febrie Novitasari, N. (2019). Collaborative Learning in ESP Speaking Classroom: Learners’ Perceptions and Experiences. KnE Social Sciences, 3(10), 309. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3912
Hamdani Mawardi Turmizi Dailami Zaini. (2020). Rak Piring Aluminium Sebagai Salah Satu Ketrampilan Untuk Pemberdayaan Anak. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 4(1), 6–8.
Haura, S.-, Irfan, M.-, & Santoso, M. B. (2021). Proses Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Program Mandiri Entrepreneur Center (Mec) Oleh Yatim Mandiri Bogor. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 203. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34294
Indra, W., Rukmana, I. J., Putren, I., & Maulinda. (2021). Peningkatan Keterampilan Belajar dan Softskill di Panti Asuhan Al-Kamilah Serua Depok. Abdi Laksana, 2(3), 494–506.
Kinloch, G. C. (1972). What is Sociology? In: The Sociological Study of South Africa. Palgrave. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-1-349-01300-5_2
Kurnia, M. D., Rosmaya, E., & Rasyad, S. (2021). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa di Media Sosial pada Pelajar SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.32
Li, P., & Jeong, H. (2020). The social brain of language: grounding second language learning in social interaction. Npj Science of Learning, 5(1). https://doi.org/10.1038/s41539-020-0068-7
Misran, & Yunus, U. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 125–136. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola
Mustafa, M. R., & Hadiyati, F. N. R. (2019). Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Resiliensi Pada Remaja Di Panti Asuhan Darussalam. Jurnal EMPATI, 8(1), 192–199. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23594
Noviekayati, I., Farid, M., & Amana, L. N. (2021). Inferiority feeling pada remaja panti asuhan: Bagaimana peranan konsep diri dan dukungan sosial? Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 104–118. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4826
Ørngreen, R., & Levinsen, K. (2017). Workshops as a research methodology. Electronic Journal of E-Learning, 15(1), 70–81.
Paramita, G. V. (2011). Pentingnya Pemahaman Sosial Psikologis dalam Pembinaan Anak Panti Asuhan Sebuah Studi Kasus di Panti Asuhan Kristen Eunike Semarang. Humaniora, 2(1), 488. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.3059
Purdiyanto, Istapra, E., Kusumah, R. G. T., & Walid, A. (2021). Increasing Students’ Learning Outcomes Through the Implementation of Outing Class Strategy in Natural Science Subject. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 532(532), 377–381. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.063
Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839
Rasyid, S. (2016). Using Cartoon Movie to Improve Speaking Skill. Research in English and Education (READ), 1(December), 161–168.
Rosyidi, M. I., & Sukrisno, A. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Dengan Metode Bercerita Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Di Semarang. Rekayasa, 11(2), 139–148.
Singaravelu, G. (2014). Efficacy Of Multimedia Package In Communicative Skill In English. I-Manager’s Journal on English Language Teaching, 4(4), 50–55. https://doi.org/10.26634/jelt.4.4.3029
Sipayung, S. M. N., & Purba, P. Y. (2022). Peningkatan Soft skill dan Motivasi Belajar Anak-anak Panti Asuhan Bait Allah Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 2(2), 104–109. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v2i2.254
Suastinim Ni Wayan, & Utami, N. M. V. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris di Panti Asuhan Hindu Sunya Giri Denpasar. 5(1), 31–43.
Tanjung, K. S., & Nurliana. (2021). Pendampingan Pengajaran Bahasa Inggris di Panti Asuhan Budi Luhur Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 7(2), 2013–2015.
Tarman, M. (2020). Upaya Pemberdayaan Anak Di Panti Asuhan Kuncup Harapan Kota Bandung Melalui Pelatihan Teknologi Informasi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 122. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3871
Velasquez, M. B. (2015). STORYTELLING AS A STRATEGY TO IMPROVE SPEAKING SKILL. Universidad Tecnologica De Pereira.
Wijaya, A. L., & Sari, A. K. A. R. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Pada Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dan Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian …, 7(2), 400–410. https://doi.org/10.30653/002.202272.71
Zam Zam Al Arif, T. (2019). the Use of Social Media for English Language Learning: an Exploratory Study of Efl University Students. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 3(2), 224–233. https://doi.org/10.31002/metathesis.v3i2.1921
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.