Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Telaah Miskonsepsi Materi Operasi Bilangan Pecahan
Abstract
Salah satu permasalahan konsep dasar matematika yang ada di sekolah dasar adalah kesulitan dalam memahami konsep (miskonsepsi) materi operasi bilangan, khususnya bilangan pecahan. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan kepada guru Sekolah Dasar (SD) untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat meminimalisir miskonsepsi yang dialami siswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di wilayah Kota Bekasi dengan bekerja sama dengan mitra KKG Jatiasih Keota Bekasi. Berdasarkan hasil pengamatan guru, masih terdapat banyak miskonsepsi yang ditemui di sekolahnya terkait konsep materi bilangan pecahan dan operasinya.
Downloads
References
Rahim, Utu, Kadir, & Rafiun, Abd. (2012). Peran Matematika dalam Menunjang Mata Pelajaran IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49-62.
Subanji (2015). Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Penerbit: Universitas Negeri Malang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







