Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Telaah Miskonsepsi Materi Operasi Bilangan Pecahan

  • Devi Eka Wardani Meganingtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Faroh Ladayya Universitas Negeri Jakarta
  • Bhayu Phermana Sachty Muktar Universitas Negeri Jakarta
  • Rizka Anjani Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Sitta Aliya Dj Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Salah satu permasalahan konsep dasar matematika yang ada di sekolah dasar adalah kesulitan dalam memahami konsep (miskonsepsi) materi operasi bilangan, khususnya bilangan pecahan. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan kepada guru Sekolah Dasar (SD) untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat meminimalisir miskonsepsi yang dialami siswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di wilayah Kota Bekasi dengan bekerja sama dengan mitra KKG Jatiasih Keota Bekasi. Berdasarkan hasil pengamatan guru, masih terdapat banyak miskonsepsi yang ditemui di sekolahnya terkait konsep materi bilangan pecahan dan operasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmahanik, U. (2018). Penelusuran Miskonsepsi Operasi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Matematika pada Mahasiswa PGMI dengan Menggunakan CRI (Certainty of Respon Index). Cendekia, 16(1), 167-187.

Rahim, Utu, Kadir, & Rafiun, Abd. (2012). Peran Matematika dalam Menunjang Mata Pelajaran IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49-62.

Subanji (2015). Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Penerbit: Universitas Negeri Malang
Published
2023-12-02
How to Cite
MEGANINGTYAS, Devi Eka Wardani et al. Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Telaah Miskonsepsi Materi Operasi Bilangan Pecahan. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 415-424, dec. 2023. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/3688>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v7i2.3688.