Peningkatan Market Value Produk Lokal Gula Semut Banyuwangi Melalui Optimalisasi Kualitas dan Rebranding Produk

  • Auda Nuril Zazilah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • I Putu Sudhyana Mecha Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Nurhalimah Nurhalimah Politeknik Negeri Banyuwangi

Abstract

Sebagai destinasi wisata dengan jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat, Banyuwangi memiliki berbagai daya tarik wisata dan industri UMKM. Salah satu industri keatif yang ada di Banyuwangi adalah industri kreatif gula semut yang terletak di Dusun Gumuk Agung Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari. Memiliki daya simpan yang lama dan manfaat yang baik untuk kesehatan serta melihat potensi industri hotel dan pusat oleh-oleh di Banyuwangi yang semakin meningkat maka peluang ini dapat dimanfaatkan UMKMĀ  gula semut dalam menambah market value. Terdapat dua permasalahan utama yang dihadapi pelaku usaha gula semut yaitu hasil produksi gula semut tidak konsisten dari segi rasa, warna ataupun tekstur dan adanya kesulitan pada cara memasarkan dan mengangkat nilai dari produk gula semut. Permasalahan pertama ini telah dijawab melalui penelitian yang telah dilakukan oleh tim pengabdian. Oleh karena itu perlu dilakukan pendampingan atau diseminasi hasil penelitian dan rebranding produk dengan tahapan sosialisasi, pendampingan, desain logo, kemasan dan brosur, pembuatan produk gula semut hasil rebranding, pendampingan pemasaran dan penawaran ke hotel dan pusat oleh-oleh. Hasil pengabdian ini adalah berupa produk gula semut yang unggul secara kualitas dan memiliki tampilan yang menarik. Selanjutnya produk tersebut dipasarkan melalui kafe-kafe yang ada, expo, secara mulut ke mulut, melalui wisatawan yang berkunjung ke Desa Gintangan, melalui media sosial serta di hotel dan toko oleh-oleh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banyuwangi, P. K. (2022, Februari 6). BeritaBwi. Retrieved from banyuwangikab.go.id: www.banyuwangikab.go.id/berita/bupati- banyuwangi-ajak-pers-gaungkan-banyuwangi-rebound

K, M. (2007). Pricing Making Profitable Decision (3 ed.). Singapore: McGraw- Hill.

Ningtyas. (2014). Analisis Komparatif Usaha Pembuatan Gula Merah dan Gula Semut di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Penelitian Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wilberta, N., Sonya, N. T., & Lydia, S. H. (2021). Analisis Kandungan Gula Reduksi pada Gula Semut dari Nira Aren yang dipengaruhi pH dan Kadar Air. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 101-108.

Zazilah, A. N., Rusmawan, P. N., & Mecha, I. S. (2022). Implementasi Fault Tree Analysis pada Sistem Produksi Gula Semut Sebagai Industri Kreatif Desa Gintangan Banyuwangi. Majamath : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 99-108.
Published
2023-12-02
How to Cite
ZAZILAH, Auda Nuril; MECHA, I Putu Sudhyana; NURHALIMAH, Nurhalimah. Peningkatan Market Value Produk Lokal Gula Semut Banyuwangi Melalui Optimalisasi Kualitas dan Rebranding Produk. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 450-458, dec. 2023. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/3672>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v7i2.3672.