Menjaga Kebersihan Lingkungan Wujudkan Desa Lolibu Bersih dan Sehat

  • L.M. Azhar Sa'ban Universitas Muhammadiyah Buton
  • Lendra N Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muh. Farhan Setiawan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siti Sarah Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sangatlah minim, berdasarkan hal tersebut dapat diprediksi bahwa masyarakat masih kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Seharusnya, masyarakat sadar dengan kebersihan lingkungan yang menjadi pondasi awal untuk lingkungan yang bersih dan sehat. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui pendekatan modal sosial, sebab hal ini lebih mudah ditemukan dalam masyarakat yang lebih menonjol dalam ikatan budaya, kekerabatan dan lingkungan. Melalui, kondisi masyarakat Desa Lolibu yang masih memegang erat kehidupan dan pengalaman budaya, serta kehidupan gotong royong masyarakatnya memungkinkan adanya kolaborasi. Modal sosial dimaksud sebagai metode pelaksanaan pengabdian masyarakat disini dapat diamati dalam pembentukan dan penguatan kelembagaan masyarakat lokal sadar kebersihan lingkungan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah terciptanya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk wujudkan Desa Lolibu bersih dan sehat. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat itu bisa dilakukan oleh semua orang. Baik  dari kalangan  anak kecil hingga dewasa. Namun, kesadaran untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat kurang disadari oleh masyarakat. Tidak jarang dengan berbagai alasan, masyarakat kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan sekitar, dengan terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Lolibu menciptakan kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Arifuddin Iskandar. (2018). PENTINGNYA MEMELIHARA KEBERSIHAN DAN KEAMANAN LINGKUNGAN SECARA PARTISIPATIF DEMI MENINGKATKAN GOTONG ROYONG DAN KUALITAS HIDUP WARGA. Jurnal Ilmiah Pena, 1(1), 430–439.

Fajar Arwadi, Sahlan Sidjara, Nurwati Djam’an, Muhammad Fathur Rahman, Novi Safitri N, Fanny Armasari, Luthfiah Mutmainnah, Sutamrin Ahmad, Z. (2023). PKM Kegiatan Bakti Sosial “Delapan” (Delta Peduli Lingkungan) sebagai Wujud Kepedulian dan Cinta Lingkungan Bersama Masyarakat Desa Lerang, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang Fajar Arwadi 1,. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 78–84.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Maharani, T. D., Saraka, S., & Wahyuni, S. (2021). Pembinaan Lingkungan Dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Rumah Tangga Sebagai Upaya Pengembangan Masyarakat Sadar Lingkungan. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 126–132. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/1215

Muttaqien, K., Sugiarto, & Sarifudin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan Lingkungan Melalui Program Bank Sampah. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1(1), 6–10. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJACE/article/view/19997

Nopiyanti, A., Hakim, A. R., Anhar, R. F., & ... (2021). Pemberdayaan Masyarakat Peduli Lingkungan dalam Mewujudkan Desa Bersih dan Sehat di Era Pandemi. Proceedings …, 70(Desember). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1165%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/1165/1055

Nurfaillah, & Eric. (2022). Peningkatan Lingkungan Bersih dan Sehat di Kelurahan Jagong, Kabupaten Pangkep. Jurnal Lepa-Lepa Open, 2(5), 1251–1260.

Ruwiah Abdullah Buhungo. (2012). FAKTOR PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT DAN KONDISI LINGKUNGAN RUMAH DENGAN KEJADIAN MALARIA. JURNAL HEALTH AND SPORT, 5(2).
Published
2024-04-23
How to Cite
SA'BAN, L.M. Azhar et al. Menjaga Kebersihan Lingkungan Wujudkan Desa Lolibu Bersih dan Sehat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 181-192, apr. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/3598>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.3598.