Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing dan Branding Produk bagi Pelaku UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Dalam era digital, pemasaran tradisional telah beralih ke digital marketing yang berfokus pada branding produk. Kehadiran digital marketing menjadi penting bagi semua pelaku usaha, termasuk UMKM. Namun, di Daerah Istimewa Yogyakarta, para pelaku UMKM menghadapi keterbatasan dalam memanfaatkan potensi pemasaran digital. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, Dinas Koperasi dan UKM DIY berkolaborasi dengan program MBKM telah mengadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk 30 UMKM. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membekali para pelaku UMKM di DIY dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan digital marketing dan branding produk untuk mengembangkan strategi pemasaran produk yang lebih efektif. Metode pengabdian ini menggunakan pelatihan, diskusi, dan ceramah yang terdiri dari tahap observasi, persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan keberhasilan yang signifikan, di mana para pelaku UMKM menyatakan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang strategi digital marketing dan branding produk. Berdasarkan kesuksesan ini, disarankan agar diadakan perencanaan program pelatihan berkelanjutan yang mengikuti perkembangan terkini, materi pelatihan perlu diperbaharui secara rutin untuk mengikuti tren pasar dan perkembangan teknologi, monitoring dan evaluasi secara berkala akan membantu dalam mengukur efektivitas program, mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Dengan implementasi saran-saran tersebut, diharapkan kegiatan pelatihan dan pendampingan UMKM dalam digital marketing dan branding produk akan semakin berhasil dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan serta kesuksesan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Downloads
References
Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., Rachmawan Putra, M. A., Wardana, B. S., Cahya, R. A., Ramadhan, R. T., & Arum, D. P. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702
Asmanang, L. O., Herman, Tawakal, F., Indra, Puadji, F., Setianingsi, E., & Azhar EDQ7), H. (2018). Peningkatan Kualitas Kerja dan Anti Radikalisme Pegawai serta Masukan Pemikiran dari Purna Tugas Increasing. Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian, 2(1), 1–11.
Cucus, A., Dunan, H., Lestira, T., Warganegara, P., Aa, I., Lampung, U. B., & Lampung, B. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing UMKM Bumi Sari Kecamatan Natar. 1, 57–65.
Edi, P. (2021). 80 Persen UMKM di DIY Belum Melek Teknologi Internet. 20 Maret. https://www.merdeka.com/peristiwa/80-persen-UMKM-di-diy- belum-melek-teknologi-internet.html
Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940
Merdeka, K. (2022). Apa itu Program Magang & Studi Independen Bersertifikat? https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en- us/articles/4416927940377-Apa-itu-Program-Magang-Studi-Independen- Bersertifikat-
Muntazori, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. (2019). Branding Produk UMKM Pempek Gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177.
https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1514–1518. https://doi.org/10.1109/SmartTechCon.2017.8358617
Sibakul. (2022). Profil Si Bakul Jogja. 19 Juli. https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/blog/profil-sibakul- jogja/#:~:text=SiBakul Jogja merupakan akronim dari,UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sulistiyowati, R., Lidyana, N., & Dewi Anggun Oktaviani. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO. Pengabdian, 6 No.1, 7.
https://doi.org/https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1476
Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2022). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53. https://doi.org/10.24071/exero.v4i1.5025
Yuda, R. K. (2022). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM
DISKOPUKM DIY. 1 November. https://diskopukm.jogjaprov.go.id/?p=35
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.