Peningkatan Kemampuan Menulis Ilmiah dan Artikel Populer untuk Guru di SD Negeri 1 Jeruksawit

  • Atiqa Sabardila Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Duwi Saputro Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Menulis ilmiah merupakan kemampuan yang sebaiknya dikuasai oleh pendidik sebagai salah satu kemampuan dasar dalam berbahasa. Kurangnya budaya literasi memberikan pengaruh pada kemampuan menulis tidak hanya bagi peserta didik tetapi juga pendidik. Berdasarkan keadaan tersebut kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan menulis ilmiah untuk guru di SD Negeri Jeruksawit 01 Gondangrejo, Karanganyar, 2) menyusun strategi publikasi karya tulis ilmiah bagi guru di SD Negeri Jeruksawit 01 Gondangrejo, Karanganyar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan di SD Negeri 01 Jeruksawit, Godangrejo, Karanganyar. Masyarakat sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru dan karyawan di lingkungan SD Negeri 01 Jeruksawit. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Participatory Learning and Action (PLA). Pelaksanaan kegiatan berfokus pada penggalian ide, kerangka tulisan, dan pengembangan kerangka menjadi tulisan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan diketahui bahwa guru mampu menentukan ide dan mengembangkan ide tersebut menjadi tulisan ilmiah populer. Guru juga mendapatkan referensi untuk publikasi tulisan ilmiah populer sebagai tindak lanjut dari tulisan yang telah dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Nur Eny dan Putri Mahanani. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi 1 (1): 22-26.

Ahsin, Muhammad Noor & Eko Widianto. (2021). Pelatihan Penulisan Opini untuk Guru Bahasa Indonesia MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus. Indonesian Engagement Journal 2 (1): 36-49. DOI: https://doi.org/10.21154/inej.v2i1.2130.

Asropah, dkk. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagi Guru. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (1): 156-163. DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36149.

Ekawati, A. D. (2021). Pelatihan peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah bagi kepala sekolah dan guru sekolah luar biasa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(2), 203-206. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.3576.

Handayani, Sri Lestari & Diki Rukmana. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikan Journals 10 (1): 8-13. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752.

Listiana, Y., Prastiwi, L., & Amrullah, I. (2021). Pendampingan Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa FKIP Universitas Dr Soetomo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5 (1), 122-134. https://doi.org/10.36841/integritas.v5i1.877.

Masduki, M., & Kholid, M. N. (2017). Pengembangan Kemampuan Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Matematika Sma/Smk Muhammadiyah Di Klaten Dan Sukoharjo. Warta LPM, 20 (2), 120-127. http://dx.doi.org/10.23917/warta.v20i2.4543.

N. Sitanggang, P. L. Luthan, and C. G. G. T. Sibarani. (2020). Pengembangan Budaya Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Unit Usaha Furnitur Di Universitas Negeri Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 26 (2): 96. DOI: 10.24114/jpkm.v26i2.15416.

Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh kelompok kerja guru (KKG) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan kemampuan menulis karya ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4 (2), 53-58. https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522.

Rahmawati, Laili Etika, dkk. 2019. Optimalisasi Kompetensi Menulis Ilmiah Mahasiswa dengan Metode Metaanalisis. Pedagogie 14 (2): 53-58. DOI: 10.31603/paedagogie.v14i2.3014.

Rihlah, J., Rulyansah, A., & Budiarti, R. P. N. (2022). Pemberdayaan Guru SD melalui Pelatihan Menulis Karya Ilmiah. Indonesia Berdaya, 3 (3), 523-532. https://doi.org/10.47679/ib.2022253.

Sudjana. 2012. Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekoloah (Seri Kepengawasan). Bekasi: Binamitra Publishing.

Sumardjoko, B., & Prasetyo, A. (2016). Pengembangan profesionalisme guru SMA, MA, dan SMK Muhammadiyah Sukoharjo jawa tengah. Jurnal Varidika, 28 (1), 77-89. http://dx.doi.org/10.23917/varidika.v28i1.2407.
Widati, M. (2020). Meningkatkan Profesionalisme Dan Kemampuan Mengelola Literasi Sekolah Bagi Kepala Sekolah Melalui Supervisi Manajerial Dabin I Kecamatan Baki Semester I Tahun 2018/2019. Jurnal Varidika, 31 (2), 81-86. http://dx.doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10222.
Published
2023-12-03
How to Cite
SABARDILA, Atiqa; SAPUTRO, Duwi. Peningkatan Kemampuan Menulis Ilmiah dan Artikel Populer untuk Guru di SD Negeri 1 Jeruksawit. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 587-595, dec. 2023. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/3416>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v7i2.3416.