PELATIHAN PENGELOLAAN REFERENSI DENGAN APLIKASI ZOTERO PADA HIMPUNAN MAHASISWA JOMBANG DI JEMBER-BANYUWANGI
Abstract
Perguruan tinggi membuat kebijakan dengan mensyaratkan penggunaan aplikasi reference manager dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Namun banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menggunakan aplikasi reference manager. Hal ini mendorong dilakukannya pelatihan pengelolaan referensi Zotero bagi mahasiswa. Tujuan utama dari kegiatan pelaksanaan pelatihan yakni untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi Zotero dalam mengelola referensi. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 47 peserta yang merupakan anggota dari Himpunan Mahasiswa Jombang di Jember- Banyuwangi. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dan dilakukan secara daring (online). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni metode knowledge transfer melalui pemberian pelatihan pengelolaan referensi dengan menggunakan aplikasi Zotero. Kegiatan pelatihan terdiri atas tiga tahapan yang telah dilalui yakni perencanaan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi kegiatan pelatihan. Hasil dari kegiatan pelatihan pengelolaan referensi menunjukkan bahwa mahasiswa telah memiliki kemampuan dalam pengelolaan referensi dengan menggunakan aplikasi Zotero sehingga bisa diaplikasikan dalam penyusunan karya tulis ilmiah mahasiswa. Melalui kegiatan pelatihan ini mahasiswa menyadari pentingnya mengelola referensi dengan benar dalam penyusunan karya tulis ilmiah menggunakan aplikasi Zotero.
Downloads
References
Andi Nova, Ruhama Desy M, Ramazan, Rizkei Kurniawan, & Boby Helmi. (2021). Pelatihan Pencarian Referensi Online Dengan Sitasi Menggunakan Aplikasi Mendeley Di Program Studi Pendidikan Olahraga Fkip Unsam. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v2i1.529
Dwiningsih, K., Tukiran, T., & Made Sanjaya, I. gusti. (2019). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Dan Penelitian Bagi Guru Sma Melalui Pelatihan Pemanfaatan Software Zotero. Jurnal ABDI, 4(2), 85–90. https://doi.org/10.26740/ja.v4n2.p85-90
Habibah, S., Basri, S., & Mus, S. (2019). Manajemen Referensi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa STKIP-PI Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 568–570.
Hidayati, N. A. (2022). Pelatihan Manajemen Reference Zotero Bagi Mahasiswa Pascasarjana IAIN Palangkaraya. Jalujur: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2729
Imran, M. C., N, J., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2022). Penguatan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Melalui Pelatihan Spss Dan Zotero. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 567–570. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4435
Izzah, N., & Lubis, R. H. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Manajemen Referensi Zotero. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3), 239–246. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1042
Jeffry, J., Aziz, F., Taufik, A., Anirwan, A., Nur, H. N., Usman, S., Abasa, S., & Wungo, Supriyadi, L. (2022). Sistem Pengelolaan Referensi dengan Zotero. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v2i2.298
Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 64–74.
Pangga, D., Gummah, S., Prasetya, D. S. B., Hidayat, S., & Ahzan, S. (2022). Pelatihan Zotero Untuk Menunjang Luaran Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Mandalika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 3(2), 58–64.
Rozaq, A. R. (2014). Interaksi Pembelajaran Efektif untuk Berprestasi. Jurnal PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(2), 15–26.
Wardani, K. V., & Nugraha, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Attitude Towards Entrepreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 79–100. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p79-100
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.