PENINGKATAN KESADARAN GENERASI MUDA AKAN PENTINGNYA BISNIS DIGITAL DI ERA DIGITAL
Abstract
Pengguna terbesar internet adalah muda-mudi atau generasi melenial. Kaum muda berada pada posisi ambiguitas yang acapkali dijadikan sebagai target pasar yang mendorongnya masuk dalam dimensi konsumsi dan tak jarang dari mereka terkena dampak akses negatif globalisasi, seperti konsumerisme maupun hedonism. Perilaku konsumtif yang terjadi pada remaja disebabkan belum bisa mengontrol kebutuhannya dan terus memenuhi semua keinginannya. Jumlah penggunaan kuota internet yang sangat besar dan kegunaannya hanya untuk bersenang-senang melakukan chatting atau bermain media sosial secara terus menerus menyebabkan remaja cenderung berperilaku konsumtif. Kondisi demikian akan berdampak buruk jika tidak diatasi dengan cara meningkatkan kesadaran generasi muda untuk memanfaatkan internet dengan lebih produktif seperti berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi dan internet atau menjadi technopreneur. Pengabdian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran generasi muda agar memanfaatkan teknologi dan internet sesuai dengan perkembangan dan peluang bisnis saat ini dan masa depan. Program ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda agar menggunakan internet dengan lebih produktif dan mendorong minat menjadi technopreneur. Pengabdian ini menargetkan siswa-siswi SMKN 1 Sumenep. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dan forum group discussion (FGD) yang intensif. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan dan kesadaran siswa untuk memanfaatkan teknologi dan internet dengan lebih produktif (Hasil pre-test 57,65 dan post-test 91,87). Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuka usaha online shop sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti produk kosmetik, buket, dan baju.
Downloads
References
Fahmi, I., Fachruddin, R., & Silvia, V. (2019). Analisis E-Business pada Keputusan Kewirausahaan Bisnis Digital (Sebuah Kajian Literatur Studi). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 71–75. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3583
Fahrizandi, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
Fajri, A. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Pembangunan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 104–112. http://diqudiamond.blogspot.co.id/2014/06/peran-kewirausahaan-dalam-pembangunan.html
Glanz, K., Rimer, B. K., & Viswanath, K. (2015). Health Behavior "Theory, Research, And Practice (5th ed.). Jossey-Bass.
Kartikasari, D., Darmaningrum, K., Dwanita Widodo, Z., Elfani Prasetyaningrum, N., & Purwanto, A. (2021). Pelatihan Bisnis dengan Digital Marketing ntuk Generasi Muda di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tunas Membangun, 1(2), 4–7. https://doi.org/10.36728/tm.v1i2.1656
Kusuma, I. L., Fitria, T. N., & Dewi, M. W. (2021). Pelatihan Kewirausahaan sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi Milenial di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal BUDIMAS, 3(2), 315–321.
Liswandi, L. (2019). Sosialisasi Entrepreneurship dan Intrapreneurship dalam Upaya Meningkatkan Kualitas SDM SMK. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT TRI PAMAS, 1(2), 43–52.
Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau. Jom Fisip, 4(1), 1–15. https://beritagar.id/artikel/sains-
Nafisah, D. (2019). PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PENGGUNA KUOTA DI TINJAU DARI KONTROL DIRI DAN GAYA HIDUP. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Putri, N. I., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Munawar, Z. (2021). Kajian Empiris Pada Transformasi Bisnis Digital. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 1–15. http://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/600
Rachmayanti, F. A., & Fuady, M. E. (2016). Hubungan antara Kegiatan Pelatihan Bisnis Internet Marketing dengan Motivasi Peserta untuk Berwirausaha. Prosiding Hubungan Masyarakat, 2, 1.
Sahanaya, G. A. (2021). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1(1), 126–131. https://ojs.unm.ac.id/tekpend/article/view/22613
Sayekti, N. W. (2018). TANTANGAN PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA. Info Singkat, 10(5), 19–24.
Septianti, D., & Frastuti, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 130. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.871
Tayibnapis, A. Z., Wuryaningsih, L. E., & Gora, R. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia.
Utami, M. N. (2021). HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN CYBERBULLYING PADA REMAJA DI MEDIA SOSIAL. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 314–320.
Wijaya, R. J., Kristianto, B. D., Marta, R. F., & Wahyudi, S. (2021). Konstruksi Citra Destinasi Wisata Gedung Juang45 Bekasi Dalam Berita Media Daring Tribunnews. Perspektif, 10(2), 599–608. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4863
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.