TEKNOLOGI TEPAT GUNA PADA PROSES PENYARINGAN SUSU KEDELAI DI INDUSTRI PENGOLAHAN TAHU

  • Deny Murdianto Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan
  • Muhammad Firdan Nurdin Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan
  • Sudirman Sudirman Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan
  • Hadi Santoso Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan
  • Shinta Tri Kismanti Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan
  • Marhadi Budi Waluyo Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan
  • Rasmawati Ridwan Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan
  • Dwi Santoso Fakultas Pertanian, Universitas Borneo Tarakan
  • Prayoga Raja Lambok Silalahi Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Abstract

Industri pengolahan tahu dan tempe Bapak Fandy terletak di Jl. Damai Bakti, Kelurahan Karang Harapan,Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi industri ini untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan mampu diterima di pasaran. Proses produksi dan bahan baku yang tepat merupakan dua hal penting yang pada akhirnya membuat tahu dan tempe hasil olahan industri Bapak Fandy ini dapat diterima pasar hingga saat ini. Proses penyaringan adalah proses yang harus dilakukan berulang dengan beban yang harus diayunkan lebih dari 10 kg sekali ayun. Aktivitas penyaringan yang dilakukan menyebabkan keluhan rasa sakit dan pegal-pegal pada bagian tubuh. Selain itu, rasa panas pada tangan dan wajah yang harus berhadapan langsung pada kuali juga menjadi permasalahan saat penyaringan susu kedelai pada proses pembuatan tahu. Alat tepat guna yang dikembangkan dapat mempermudah pekerja dalam proses penyaringan karena telah menggunakan motor listrik sehingga pekerja tidak perlu menanggung beban kerja yang cukup berat, meningkatkan produktivitas perhari, serta menghemat biaya serta meminimasi jumlah tenaga kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiawan, A., & Walujo, D. A. (2016). Perancangan Mesin Penyaringan Dalam Proses Pembuatan Tahu Guna Meningkatkan Hasil Produktivitas Dalam Skala Home Industry. Waktu: Jurnal Teknik Unipa, 14(2), 39–42.

Azka, M., Yaqin, A. M. A., Habib, A. F., Rahman, A. F., Pambudi, A. K., Nurdin, F. N., Liem, D. B., & Fitriansyah, M. I. (2021). Edukasi Dan Pelatihan Budidaya Teknik Hidroponik Berbasis Teknologi Hemat Energi Di Rt 36 Kelurahan Prapatan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Sepakat), 2.

Fauzan, A. G., & Ratnanto Fitriadi, S. T. (2017). Perancangan Alat Penyaring Otomatis Sari Pati Kedelai Pada Pembuatan Tahu Untuk Mengurangi Waktu Proses Dengan Metode Reverse Engineering (Studi Kasus: Rumah Produksi Tahu Apu Klaten). Fakultas Teknik.

Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Kamarul, A. (2019). Perawatan Gearbox Di Mv/Si-024 Pt. Pelindo I Cabang Sei Pakning Riau. Karya Tulis.

Mulyana, I. J., Santosa, L. M. H., & Prasetya, W. (2013). Perancangan Alat Penyaringan Dalam Proses Pembuatan Tahu. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 12(1), 21–30.

Murdianto, D., & Santoso, D. (2021). Sosialisasi Persiapan Pembelajaran Di Masa New Normal Bagi Guru Smk Di Kota Tarakan. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 2(1), 53–62.

Nugroho, D. S. (2011). Perancangan Alat Bantu Penuangan Adonan Tahu Ke Penyaringan Dengan Pendekatan Ergonomi (Studi Kasus: Home Industri” Suyoto” Klaten).

Rahayu, E. S., Rahayu, S., Sidar, A., Purwadi, T., & Rochdyanto, S. (2012). Teknologi Proses Produksi Tahu. Pt Kanisius.

Riani, L. P. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Putih. Sigma, 99, 7.

Santoso, D., Rahajeng, G. Y., & Egra, S. (2021). Penerapan Teknologi Alat Penanam Benih Jagung Tipe Row Seeder Di Kelompok Tani Suka Maju Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Wilayah Perbatasan Kalimantan Utara. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 55–60.

Sudjarwo, S. (2013). Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Untuk Smk/Mak Semester 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen ….

Susanto, H. (2018). Rancang Bangun Mesin Panen Padi Mini Dua Lajur Dengan Motor Penggerak Tenaga Surya. Prosiding Semnastek.
Published
2023-03-31
How to Cite
MURDIANTO, Deny et al. TEKNOLOGI TEPAT GUNA PADA PROSES PENYARINGAN SUSU KEDELAI DI INDUSTRI PENGOLAHAN TAHU. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 144-156, mar. 2023. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/2774>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v7i1.2774.