PENGUATAN PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT BELAJAR BAGI ANAK

  • Rosyidi Rosyidi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Uswatun Hasanah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien

Abstract

Melihat sejarah kejayaan islam maka dapat diketahui bahwa masjid memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk peradaban umat Islam oleh karena itu dalam pengabdian ini bermaksud  melakukan penguatan peran masjid sebagai pusat belajar bagi anak, melihat dari kondisi yang ada di lapangan pada Desa pragaan Daya banyak terdapat masjid dan mushola namun tempat tersebut berfungsi sebagai tempat ibadah saja tidak banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan di masjid, dengan demikian pengabdian ini dilakukan untuk menjadikannya sebagai pusat belajar bagi anak. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD yaitu dengan melihat aset yang ada di tengah masyarakat. hasil pengabdian menunjukkan bahwa program penguatan peran masjid sebagai pusat belajar bagi anak dilaksanakan dengan berbagai kegiatan sebagaimana berikut; a) program les pengayaan, b) kajian fiqih wanita c) bimbingan mengaji d) menghafal surat Juz 30, e) baca tulis Alquran, f) pembelajaran tajwid, g) pembelajaran bahasa Arab, h) bimbingan bacaan sholat, i) bimbingan praktek shalat, j)  pembacaan sholawat, k) bimbingan tugas sekolah atau menyelesaikan PR. Program ini mendapat dukungan penuh, baik dari kepala desa maupun masyarakat setempat terbukti dengan semakin hari semakin banyaknya peserta didik dan kesiapan kepala desa dalam membantu berjalannya kegiatan tersebut baik bantuan secara moril maupun materil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga Studi Kasus Pelaksanaan KKN ke-61 di Dusun Ngreco Surocolo, Selohardjo, Pundong, Bantul tahun Akademik 2007. Aplikasia, VIII(2), 104–113. http://digilib.uin-suka.ac.id/8282/1/MUNAWAR AHMAD ASSET BASED COMMUNITIES DEVELOPMENT.pdf

Al-Qur’an Surat Al-Jin Ayat 18. (n.d.).

Alimuddin, N. (2017). Fungsi Masjid Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Islam di Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Asyari, A., & Acim, S. A. (2017). Kapasitas Peran Masjid, Pusat Pemberdayaan Masyarakat, Tamansari Ampenan Kota Mataram. Transformasi, 14–26.

Darodjat, & Wahyudiana. (2014). MEMFUNGSIKAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN UNTUK MEMBENTUK PERADABAN ISLAM. ISLAMADINA, XIII(2).

Dyahpinuji, N. R., Putri, B. F. E., Firmansyah, A. Z., Apriawan, A., Millenia, F. L., Putra, M. Y. P., & Bayu, E. (2019). Peranan Masjid dalam Membangun Peradaban Islam. Universitas Brawijaya.

Husein, S. (2015). PERAN MASJID DALAM PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL UNTUK PEMBINAAN UMAT. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ikhwan, A. (2016). Optimalisasi peran masjid dalam pendidikan anak: Perspektif makro dan mikro, Edukasi. 1 (1), 2.

Maulana, M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572

Pedoman PRAKTIK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (P2M) BERBASIS POTENSI (111th ed.). (2022). LP2M Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien.

Syakirin. (2018). Peran Masjid Dalam Mempersatukan Umat Islam: Studi Kasus Masjid Al-Fatah, Pucangan, Kartasura. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(1), 127–148. https://doi.org/10.22515/balagh.v3i1.1092

Zuhairini. (1991). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Published
2023-01-11
How to Cite
ROSYIDI, Rosyidi; HASANAH, Uswatun. PENGUATAN PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT BELAJAR BAGI ANAK. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 9-18, jan. 2023. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/2491>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v7i1.2491.