PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKTIF SISWA MELALUI BIMBINGAN BELAJAR

  • Nurhayati Sitorus Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Ernita Nababan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Devi Ingati Waruwu Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Exaudi Simbolon Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Gilbert Situmeang Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Putri Hutahean Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilatarbelakangi oleh kurangnya interaktif siswa dalam belajar selama masa pandemic ini. Sehingga menyebabkan materi yang disampaikan oleh guru kurang dapat dipahami oleh para siswa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan interaktif siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan media pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAS Gajah Mada secara luring dan daring selama 1 bulan. Metode yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan kegiatan ini melalui observasi dan pemberian angket atau kuesioner melalui google form. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi para siswa karena dapat meningkatkan interaktif mereka dalam proses pembelajaran. Di samping it, rasa ingin tahu mereka juga meningkat. Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat diperlukan bagi para siswa di masa pandemic ini guna membangun keinginan belajar dan minat belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Hambatan Dan Kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pasca Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 343–357. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1356

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Lingkar Widyaiswara, 1(4).

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.

Gultom, J. J. (2010). BTEC First Diploma in Media BTEC First Diploma in Media P / M / D P / M / D P / M / D P / M / D P / M / D P / M / D. Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar, 48(1), 2–3.

Karo-Karo, I. R. dan R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1), 91–96.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/ 10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11

Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., Kusuma, A., & Darmadi, D. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 122–128. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
Published
2022-10-20
How to Cite
SITORUS, Nurhayati et al. PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKTIF SISWA MELALUI BIMBINGAN BELAJAR. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 301-308, oct. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/2322>. Date accessed: 05 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.2322.