PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKTIF SISWA MELALUI BIMBINGAN BELAJAR
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilatarbelakangi oleh kurangnya interaktif siswa dalam belajar selama masa pandemic ini. Sehingga menyebabkan materi yang disampaikan oleh guru kurang dapat dipahami oleh para siswa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan interaktif siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan media pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAS Gajah Mada secara luring dan daring selama 1 bulan. Metode yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan kegiatan ini melalui observasi dan pemberian angket atau kuesioner melalui google form. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi para siswa karena dapat meningkatkan interaktif mereka dalam proses pembelajaran. Di samping it, rasa ingin tahu mereka juga meningkat. Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat diperlukan bagi para siswa di masa pandemic ini guna membangun keinginan belajar dan minat belajar mereka.
Downloads
References
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Lingkar Widyaiswara, 1(4).
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.
Gultom, J. J. (2010). BTEC First Diploma in Media BTEC First Diploma in Media P / M / D P / M / D P / M / D P / M / D P / M / D P / M / D. Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar, 48(1), 2–3.
Karo-Karo, I. R. dan R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1), 91–96.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/ 10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11
Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., Kusuma, A., & Darmadi, D. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 122–128. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.