PROGRAM PENDAMPINGAN PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN SALAT DUHA DI MTs. SA MIFTAHUL ULUM AL-KHAIRIYAH
Abstract
Kedisiplinan merupakan salah satu kunci seseorang untuk dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan tepat waktu. Disiplin menjadi salah satu karakter yang perlu ditanamkan sejak dini di kalangan siswa sekolah. Hal ini dikarenakan siswa yang sekaligus berperan sebagai anak di rumah, dikelilingi dengan adanya aturan yang harus mereka patuhi. Tujuan penamanaman disiplin ini adalah melatih kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan yang berlaku. Tidak sebatas itu, dengan disiplin juga dapat mengontrol tindakan dan perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan, termasuk berhubungan dengan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas. Di sekolah MTs. SA Miftahul Ulum Al-Khairiyah dengan latar belakang pendidikan agama ini belum ada program pembiasaan sholat dhuha berjamaah. Padahal, program tersebut dapat melatih siswa untuk belajar disiplin dan mengatur waktunya. Program pendampingan peningkatan disiplin siswa melalui pengadaan sholat dhuha ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Sasaran program ini adalah seluruh siswa dan siswa MTs. SA Miftahul Ulum Al-Khairiyah. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, diskusi, dokumentasi. Hasil dari pelaksanaan program pendampingan ini adalah 1) sekolah membuat jadwal rutin secara bergiliran setiap kelas untuk sholat dhuha sebelum dimulai pelajaran, 2) berkurangnya kebiasaan mengerjakan PR di kelas sebelum mulai pelajaran, 3) meningkatnya karakter religius siswa.
Downloads
References
Ernawati, I. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-COUNS Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 2541–6782.
Hanifiyah, F. (2020). Konsep Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermeneutik dalam Perspektif Komaruddin Hidayat. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 179–190. https://doi.org/10.33650/at.turas.v7i2.1250
Hanifiyah, F. (2022). Implikasi Integrasi Imtaq dan Iptek Dalam Perkembangan Pendidikan Islam. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–15. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1097
Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb
Kafrawi. (2018). Nilai Pendidikan dalam Shalat Fardhu (Studi Tafsir Al-Misbah). Jurnal Al-Aulia, 4(1), 149–158.
Marlina, & Ali, N. (2015). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan di SDN NO. 94 Ballakabarajaenrekang. ISTIQRA’, 2(2), 162–168. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/230
Pitasari, M. A. R. (2022). Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPASecara Daring. In Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar (Vol. 27, Issue 2, pp. 1–11). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020
Pitriani, P., Hendriana, H., Supriatna, E., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2020). Gambaran Kesadaran Siswa Terhadap Kedisiplinan di SMP Negeri 4 Cipeundeuy. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3), 116–122. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/5672
Surawardi. (2019). Penerapan Disiplin Siswa Melaksanakan Shalat Dhuha di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Banjarmasin. TARBIYAH ISLAMIYAH, 9(1), 20–30.
Taha, R. A., & Sujana, N. (2021). Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah terhadap Disiplin Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 247–253. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.