PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK PENGHASIL PRODUK FURNITURE DI KELURAHAN DAWUHAN SITUBONDO

  • Randika Fandiyanto Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Kabupaten Situbondo merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur. Situbondo juga merupakan salah satu sentra UMKM penghasil produk-produk kerajinan (handycraft). Tinginya persaingan membuat para pelaku bisnis UMKM ini dituntut untuk selallu melakukan inovasi-inovasi serta perlu adanya strategi-strategi khusus yang bisa menciptakan kekuatan bersaing. Mitra terdiri dari dua yaitu Kelompok Usaha Furniture dan Penghasil Kayu Gmelina. Permasalahan yang ditemukan dan solusi yang ditawarkan melalui program kemitraan masyarakat (PKM) ini yaitu, Pertama minimnya pengetahuan akan prinsip efisiensi dan efektifitas dalam produksi sebuah produk, Teknologi yang pemegang peranan penting untuk menciptakan produk berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi. Kedua kurangnya pemahaman dunia daring/online. Ketidakmampuan memahami dunia tekhnology dapat menghambat kemajuan usaha. Masyarakat cenderung memasarkan produk dengan bekerjasama pada pengepul produk seperti di Bali, menyebabkan nilai jual produk menjadi rendah dan berdampak pada keuntungan yang diperoleh. Ketiga  Kurangnya motivasi untuk membangun industri ke jenjang yang lebih maju. Hal ini diakibatkan tidak memahami manfaat dunia teknologi yang bisa merubah perjalanan bisnis menjadi lebih cepat dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional. Program ini merupakan pembinaan dalam bentuk perbaruan metode produksi dan pemasaran dengan langkah yang lebih efektif dan efisien. Minimnya pengetahuan para pelaku usaha untuk bisa menghasilkan produk berkualitas. Pembinaan ini dilakukan dengan melalui  metode Penerapan Mesin Produksi, Pelatihan Teknis Pemotongan, Penghalusan, dan Finishing, Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital dan Pendampingan akhir. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah Menumbuhkan Jiwa wirausahaan yang maju dan berinovatif, Meningkatkan pengetahuan pentingnya tekhnologi dalam usaha pengolahan kayu menjadi produk furniture, Meningkatkan pengetahuan pemasaran online dengan media e-commerce sehingga meningkatkan pangsa pasar produknya, Meningkatkan kesejahteraan keluarga anggota kelompok usaha penghasil furniture dan penghasil kayu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Maskur. 2005. Lilitan Masalah Usaha Mikro kecil, Menengah (UMKM) dan Kontroversi Kebijakan. Medan: Bitra Indonesia.

Anoraga, Panji. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2025. Jakarta: Departemen Perdagangan

Fuady, Munir, Pengantar Hukum Bisnis, (Bandung : PT.Citra Aditya Bakti, cetakan ke II, 2005)

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dkk, Edisi Milenium, Jakarta : PT Prenhallindo

Miftahus Sholihin, Siti Mujilahwati (2016), Dampak Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Peningkatan Penjualan Di UMKM : Jurnal Teknika Vol. 8 No. 1 Maret 2016

Diyan Ivanov (2012) The impact of e-commerce on small-size companies in Swede : Karistad University : swedan

A Industri, Tokopedia.com Catat Pertumbuhan Transaksi 200%. Diakses pada tangal 17 Desember 2017. http://industri.bisnis.com, E-COMMERCE:

Ann L. Fruhling, Lester A. Digman (2000) The Impact Of Electronic Commerce On Business-Level Strategies : Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 1, NO. 1, 2000
Published
2018-07-24
How to Cite
FANDIYANTO, Randika. PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK PENGHASIL PRODUK FURNITURE DI KELURAHAN DAWUHAN SITUBONDO. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 25-37, july 2018. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/210>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v2i1.210.
Section
Articles